PETANI KELUHKAN HAMA KEPI

 343 total views,  2 views today

KAYUAUNG,KS-Warga Pedamaran 1, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), saat ini resah karena seranngan hama kepi mulai marak. Bukan hanya berdampak kepada hasil padi para petani, hama tersebut dipastikan akan membuat tanaman padi mati.

Hama kepi merupakan salah satu ancaman bagi para petani dimana hama tersebut sering menyerang padi disaat hampir panen.

Menurut Cakuk, warga Pedamaran 1, Senin (2/9), mengatakan, para petani sudah sering melakukan penyemprotan atau meracuni hama tersebut, namun masih saja diserang hama

“Hama kepi ini bukan saja berdampak pada hasil tanaman padi bahkan dapat menyebabkan kematian pada tanaman padi tersebut. Kami berharap kedepan ada semacam bantuan khusus dari pemerintah dalam menatasi masalah ham kepi yan hampir menyerang setiap tanaman padi,” harapnya.

Sedangkan menurut Koneng warga Pedamaran, hama kepi sering menyerang disaat padi tersebut akan mulai panen. Bukan saja mengurangi hasil pertanian bahkan hama tersebut dapat membunuh tanaman padi tersebut.

“Kami sering frustasi dengan penyerangan hama ini karena seharusnya hasil panen 100 kaleng akibat hama tersebut berkurang menjadi 70 kaleng,” terangnya.

Ia mengaku sudah putus aasa dalam mengatasi masalah hama kepi ini, karena walaupun sudah diracuni atau disemprot dengan obat hama tersebut masih saja menyerang padi.

“Mudah-mudahan pemerintah dapat memikirkan cara efektif dalam mengatasi ham kepi ini, agar kedepan hasil panen semankin meningkat dan petani seperti kami dapat hasil yan lebih,” jelasnya.

Teks : Emil Hidayat

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster