Pencairan Dana BLSM Tahap II Harus Antri Berjam-jam

 615 total views,  2 views today

foto-lepas

BLSM Tahap Ke 2 – Ratusan warga memadati kantor Pos pusat Jl. Merdeka, Palembang, untuk menerima dana Bantuan Langsung Tunai (BLSM) tahap ke 2, Senin (2/9). Ratusan warga penerima BLSM ini terdiri dari 16 kecamatan dan akan berlangsung mulai kemarin 2 september hingga 15 september mendatang.| Foto : Bagus Kurniawan

PALEMBANG, KS-Dana bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) tahap II, Senin  (2/9) mulai di cairkan.  Di Palembang, pencairan BLSM tahap II ini di sebar di tiga kantor pos yakni Kantor Pos Merdeka, Kantor Pos A Rivai dan Kantor Pos Plaju.

Pantauan Kabar Sumatera di Kantor Pos Merdeka, rumah tangga sasaran (RTS) yang mencairkan BLSM ini harus rela antri. Mereka rela antri berjam-jam lamanya dan berdesakan, untuk bisa mencairkan dana kompensasi kenaikan bahan bakar minyak (BBM) subdisi itu.

Untuk melayani pencairan BLSM tahap II ini, Kantor Pos Merdeka sendiri menyediakan lima loket. Namun itu tetap membuat petugas kantor pos kewalahan, untuk melayani RTS yang hendak mencairkan dana BLSM itu.

Beberapa kali petugas, memperingatkan RTS untuk bersabar dan antri. Mereka pun diingatkan, untuk melihat jadwal pencairan dana BLSM tersebut karena tidak semuanya dilayani di Kantor Pos Merdeka dan waktu yang sama.  “Sabar pak, antri. Jangan saling dorong. Disini hanya untuk Kelurahan 23 Ilir,”kata salah seorang petugas memperingatkan.

Sementara itu, Desi salah satu penerima dana BLSM mengaku sudah hampir dua jam lamanya antri untuk mencairkan dana BLSM miliknya. “Sudah dua jam lebih dek, tetapi belum juga bisa mencairkan,”keluh Desi.

Desi mengaku uang yang diterimanya dari BLSM tersebut, memang tidak terlalu besar. Namun menurut dia, itu sudah cukup membantunya untuk menutupi berbagai kebutuhan. “Bayaran sekolah anak aku sudah menunggu, belum lagi untuk membeli baju olahraga dan seragam batik. Totalnya Rp180 ribu,” aku Desi.

Sementara itu Nurilah, warga 32 Ilir mengaku rela menunggu berjam-jam untuk mencairkan dana BLSM tahap II ini.  “Tidak apa-apa lama, yang penting dapat uangnya,”ucapnya.

Nurilah mengaku, uang dari dana BLSM yang di cairkannya itu akan dimanfaatkannya untuk menutupi kebutuhan sehari-hari. “Yang pasti, untuk beli beras dulu. Lumayanlah, bisa untuk beli beras sampai satu bulan,” ujarnya.

Ditempat terpisah, Satgas BLSM, Agustina menyebut penerima BLSM di Kota Palembang berjumlah 72.178 RTS yang di layani di tiga kantor pos yakni Kantor Pos Merdeka, Plaju dan A Rivai. “Di Kantor Pos Merdeka, ada 3926 RTS, dan di Plaju dan Rivai masing-masing 1.276 RTS ,” bebernya.

“Hari ini di Palembang, jadwalnya untuk Ilir Barat (IB) I, IB II, dan Seberang Ulu (SU) I. Sementara untuk kabupaten lain yang sudah melakukan pembayaran, baru Banyuasin di Muara Telang,”sambungnya.

Ia juga menjelaskan, bari RTS di luar tiga kecamatan itu pencairan dana BLSM nya baru dapat di proses pada 11 September nanti. “Sementara bagi warga yang belum mencairkan BLSM sejak tahap pertama, bisa langsung mencairkan dua tahap sekaligus. Karena seperti himbauan dari Kementerian Sosial, bagi warga yang tidak mencairkan hingga Oktober, maka BLSM tahap I akan dihanguskan,”tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster