Disambar Petir, Atap dan Plafon Masjid Runtuh

 656 total views,  2 views today

HL-Andalas

Atap Masjid Al Abror di Desa Kerinjing yang disambar Petir

INDERALAYA| KS-Hujan deran disertai angin kencang disertai petir melanda Kabupaten Ogan Ilir (OI), dan sekitarnya Senin (2/9), sekitar pukul 15.00 WIB.

Bahkan, sambaran petir telah menghantam sebuah Masjid Al Abror di Desa Kerinjing, Kecamatan Tanjung Raja, Kabupaten OI yang mengakibatkan genteng dan plafon dari bangunan masjid itu runtuh dan ambruk.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dengan kejadian alam tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai Rp 5 juta.

Ketua Pengurus Masjid Al Abror M Rozawi mengatakan sebuah masjid disambar petir merupakan fenomena alam yang langka.’’Memang kejadian ini untuk kedua kalinya, namun kejadian kali ini  cukup parah,’’ ujar Rozawi.

Menurutnya, kerusakan pada masjid akibat disambar petir pada bagian atas masjid terdapat dua tempat, yakni dibagian atas  sekali  kemudian bagian bawahnya. ’’Ada sekitar 500 genteng hancur disambar petir,’’ tuturnya.

 

Ia menambahkan, kerusakan juga pada bagian dalam,  tiga keping plafon jebol, akibat ditimpa genteng yang runtuh disambar petit. Balum lagi kerusakan  pada listrik dimana lampu banyak yang putus.

’’Kerugian  akibat kejadian ini ditaksir  berkisar Rp 5 jutaan, namun itu belum termasuk perangkat alat sound sistem  yang harganya mencapai Rp 24 juta. Kita belum mengecek kerusakan sound sistem ini, karena masih menunggu petugas teknisnya, kalau ternyata rusak, jelas kerugian lebih dari itu,’’ ungkap Rozawi.

Saat kejadian, masih katanya, didalam masjid hanya ada Zainal Arifin (63), yang merupakan ketua pengurus harian Masjid Al Abror.

Zainal menurutkan, saat itu dirinya tengah berada didalam masjid sendirian sambil duduk, karena hujan tengah turun, sedangkan listrik padam. Tiba-tiba kilatan menyambar dan bersamaan itu pula suara keras menghantam,’’Saya benar-benar kaget bukan kepalang, melihat kilatan dan suara petir tersebut menghantam masjid ini,’’katanya.

Saat bersamaan, plafon langsung jebol  dan air hujanpun membasahi lantai masjid. ’’Ada tiga plafon yang jebol akibat genteng runtuh dan ambruk,’’ ujarnya.

Teks : Junaedi Abdillah

Editor : Reinaldi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster