Akankah Terulang di Tim Junior SFC?

 159 total views,  2 views today

SFC-u21-(1)

SFC U 21

PALEMBANG | KS-Di level senior, rekor laga tandang Sriwijaya FC (SFC) di Stadion Kanjuruhan, Malang, terbilang tidak terlalu bagus. Dari total delapan kali melawat ke Stadion Arema Cronous, Laskar Wong Wong hanya mampu memetik dua kemenangan dan dua kali hasil seri. Selebihnya, SFC selalu pulang dengan tangan hampa.

Kendati begitu, bukan berarti stadion Kanjuruhan tak bisa ramah terhadap SFC. Hanya dua kali meraih kemenangan didepan puluhan ribu Aremania, nyatanya SFC tetap mampu meraihnya dengan cara yang elegan dan tergolong moncer penuh makna.

Satu dipetik dengan kemenangan telak 5-1 (8/1/12), satunya lagi berujung pada trofi yang diraih SFC. Ya, menjadi pemenang pada laga Community Shield melawan tuan rumah Arema (25/3/10), SFC tampil memukau mempermalukan Singo Edan dengan skor meyakinkan 3-1.

Kemenangan yang kemudian menjadi sejarah, karena SFC yang pada musim sebelumnya meraih trofi juara Piala Indonesia mampu mengandaskan Arema sebagai juara Indonesia Super League (ISL) untuk mentasbihkan diri menjadi yang terbaik pada musim itu.

Kini setelah kemenangan itu tinggal kenangan, klub kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel) berpeluang mengulanginya di musim ini. Tetapi bukan di level senior, melainkan di level junior yang memiliki kans cukup besar.

Dengan catatan, SFC U-21 mampu memenangkan pertandingan semifinal kompetisi ISL U-21 2013 saat bersua Persipura Jayapura U-21 di Stadion Kanjuruhan, Rabu (4/9) besok, dan setelahnya juga mampu memenangkan pertarungan di laga final antara Persija Jakarta atau Mitra Kukar yang akan menjadi lawan.

Melihat perjalanannya menuju semifinal, peluang SFC Junior menggondol trofi di stadion Kanjuruhan terbilang cukup besar. Dari penyisihan grup awal saja, hasil manis dipetik Rizky Dwi Ramadhana Cs. Enam kali bertanding, SFC Muda hanya sekali tertahan yang selebihnya selalu mampu dimenangkan.

Tak berhenti sampai disitu. Pada penyisihan grup K perempat final ISL, pencapaian serupa juga dipetik. Tiga kali bertanding, SFC hanya sempat tertahan Pelita Bandung Raya 1-1 di laga terakhir (25/8). Dimana satu dari dua kemenangan diraih dengan skor meyakinkan 5-0 atas Persiram Raja Ampat (22/8).

Tak pelak, dari catatan manis ini SFC sangat optimis dapat mengandaskan Persipura. Meskipun lawan yang dihadapi tergolong tangguh, namun dengan tingkat kepercayaan yang tengah memuncak membuat pelatih SFC U-21, Subangkit yakin skuadnya mampu mengatasi juniornya Boaz Solossa dan kawan-kawan.

Apalagi, SFC mempunyai modal menang telak atas Persiram yang dianggap Entrenador asal Pasuruan mempunyai gaya permainan tak jauh berbeda dibandingan Mutiara Hitam junior. Bermain spartan dengan keunggulan fisik.

“Secara garis besar saya rasa kekuatan yang dimiliki Persiram dan Persipura mempunyai kualitas yang tak jauh beda. Hanya saja, Persipura saya yakini lebih mempunyai mental dibandingkan Persiram,” kata Subangkit.

Meski begitu, Subangkit tetap mengingatkan anak asuhnya agar tetap menatap laga ini dengan serius. Sebab, selain pertandingan berlangsung di tempat netral, laga ini juga bersifat knock out. Artinya, andai SFC takluk maka secara otomatis akan tersingkir.

“Kita punya kualitas untuk menang. Namun tetap kita wajib menatap laga dengan serius. Apalagi satu pemain andalan kita terancam absen. Kondisi Rifan saat ini masih tanda tanya dapat bermain atau tidak,” terang mantan pelatih Persiwa Wamena.

Jika mampu mengatasi Persipura, Subangkit mengaku tak ragu dan meyakini dapat menjadi tim terbaik musim ini. Baik Persija ataupun Mitra Kukar dianggapnya punya kualitas yang tak jauh berbeda. Dan untuk klub pertama sudah dijajal SFC yang hasil akhirnya memenangkan klub berkostum kuning-kuning.

“Pastinya kita optimis dapat menjadi juara. Kuncinya kita dapat mengatasi Persipura dan tugas kita akan lebih ringan,” tukasnya.

TEKS: SADAM MAULANA

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster