Perumahan Wajib Sediakan Tempat Sampah

 285 total views,  2 views today

kotak-sampah

Ilst. Kotak Sampah | Bagus Park

PALEMBANG, KS-Pemerintah Kota (pemkot) Palembang mewajibkan setiap pengembang perumahan di Kota Palembang untuk mendirikan tempat sampah di kawasan perumahan yang dibangunnya. Jika tidak, izin pengembang tersebut akan di cabut.

Ancamanan ini disampaikan Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang, Harnojoyo, kemarin. Menurut Harnojoyo, aturan itu dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kebersihan di kota empek-empek ini.

Ia menyebut, kebersihan ini sangat penting karena hal tersebut berimbas pada kesehatan masyarakat sendiri. Karenanya pemkot kata Harnojoyo, akan memberikan sanksi tegas terhadap pengembang yang melanggar.  “Namun sanksi pencabutan izin itu, adalah sanksi terakhir dan terberat. Sebelumnya, kita akan berikan peringatan terlebih dahulu,” ucapnya.

Menurutnya, mendirikan tempat sampah adalah syarat wajib yang harus dipenuhi setiap pengembang saat hendak mendirikan perumahan. Sebab jelas dia, itu termasuk fasilitas umum yang harus dipenuhi.

Dalam ketentuannya menurut Harnojoyo, fasilitas umum tersebut harus 30 persen dari luas lahan yang akan dibangun.  Sementara untuk tempat sampah ucapnya, minimal pengembang harus menyediakan tempat sampah berukuran 1X2 meter pada setiap perumahan yang akan dibangun.  “Ini sudah menjadi ketentuan. Jika tidak akan kita berikan teguran untuk segera dibangun, ini sangat berguna. Jika ini dilaksanakan, mudah-mudahan kebersihan akan tetap terjaga,”ujarnya.

Lebih jauh Harno menjelaskan, saat ini pemkot tengah melakukan evaluasi pada pengembang untuk menerapkan hal tersebut. Untuk mewujudkan Palembang yang bersih, dukungan semua pihak dibutuhkan terutama bagi masyarakat. “Jika kedapatan seseorang membuang sampah sembarangan, jangan takut-takut untuk menegur. Karena sesungguhnya kebersihan, adalah sebagaian dari iman,”terangnya.

Selain itu Harno menambahkan, pihaknya juga telah mengeluarkan surat edaran yang berisikan agar para pemilik toko dan usaha untuk menyediakan tempat sampah di tempat usahanya tersebut.

“Tidak mungkin pemkot yang harus menyediakan tempat sampah kepada tempat usaha, karena dana kita tidak akan cukup. Oleh dari itu kami menghimbau peran semua pihak, untuk menciptakan kebersihan,”tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster