Banyuasin II Kembali Akan Terima Bantuan PLTS

 260 total views,  2 views today

panel-surya

Ilst Panel Surya

BANYUASIN/KS-Tahun 2013  Kecamatan Banyuasin II, kembali akan menerima bantuan  Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terpusat dari Kementrian Percepatan Daerah Tertinggal.

“Daerah yang akan mendapatkan bantuan kali ini  adalah Desa Jati Sari dan Rimau sungsang, yang merupakan daerah yang belum terjangkau PLN sehingga diharapkan  bisa membantu untuk kebutuhan penerangan,”  ucap Kepala Dinas Pertambangan Kabupaten Banyuasin, Syahril A Rahman, Minggu (1/9)

Dikatakannya bahwa untuk Desa Jati Sari sendiri dalam waktu dekat ini akan dilakukan survei  kelokasi. “Untuk tendernya sendiri telah lama dilakukan. Sehingga kita sudah bisa memastikan diakhir tahun 2013 ini sudah bisa dinikmati,” lanjutnya.

Sementara untuk daerah Desa Rimau Sungsang, masih katanya, proses pelaksanaannya bersama-sama dengan Provinsi  Bangka Belitung, Belitung.

Diterangkan Syahril bahwa untuk pengelolaannya akan diserahkan kepada pihak desa. “Setelah diserahkan nanti pengelolaannya dikembalikan kedesa, nanti desa yang menentukan akan dipungut berapa untuk iurannya,” tandasnya.

Diakuinya bahwa masyarakat memang sangat mengharapkan sekali bantuan PLTS tersebut dan berharap supaya program ini dapat diteruskan, jangan sampai berhenti disini.

Terpisah Kades Rimau Sungsang Mulyadi mengatakan, sangat bersyukur setelah puluhan tahun berjuang demi mendapatkan penerangan litrik walaupun hanya PLTS. “Rencannya, kalau bantuan itu datang akan saya berikan pada masyarakat desa saya,” jelas Mulyadi.

Dikatakannya, sejak tahun 2009 lalu mengajukan, rasanya capek dan lelah selama penantian sudah terobati karena rencananya hari Rabu depan bantuan dari pusat tiba di desanya.

“Desa kami ada 3 dusun, dan mereka sudah saya ajukan mendappat bantuan PLTS sekitar 900 kk,” katanya.

Teks : Diding Karnadi

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster