120 ‘Ketek’ Sosialisasikan ISG

 186 total views,  2 views today

 

PALEMBANG | KS-Sebanyak 120 transportasi air di Palembang ‘ketek’ diikutsertakan terlibat mempromosikan sekaligus mensosialisasikan perheletan event olahraga internasional antar negara-negara Islam, Islamic Solidarity Games (ISG) III, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), 22 September-1 Oktober 2013 mendatang.

Pantauan Kabar Sumatera, Minggu (1/9) kemarin pagi, Ketek berlayar mengelilingi sungai musi dengan membawa bendera negara peserta maupun bendera negara Organisasi Konferensi Islam (OKI).

Ini dilakukan, mengingat sebagian masyarakat kota Palembang khususnya yang bermukim dikawasan tepian sungai musi belum mengetahui jika provinsi Sumsel merupakan tuan rumah pekan olahraga terbesar antar negara-negara Islam ketiga setelah sebelumnya dihelat di Iran dan Arab Saudi.

Seperti yang diungkapkan salah satu sopir ketek, Herwani (51), warga yang berdomisili di sungai lais ini, belum mengetahui jika Sumsel sebagai tuan rumah ISG. Ketika ditanya mengenai bendera asal negara peserta ISG yang dibawa oleh keteknya, ia tidak begitu paham untuk menjawabnya.

Ia, hanya mengetahui SEA Games 2011 silam, dimana pada saat Sumsel sebagai tuan rumah penyelenggaraan SEA Games lalu, jauh sebelum penyelenggaraan promosi dan sosialisasi terasa begitu kencang, hingga diluar Kabupaten Kota Palembang. “Jujur, saya baru tahu kalau Palembang jadi tuan rumah ISG,” ungkapnya.

Ketek-ketek tersebut, mulai mengitari sungai musi sejak pukul 07.00, ketek terbagi menjadi dua kelompok yakni sebelah hilir  kemudian sebelah hulu kota Palembang, tepatnya di wilayah jembatan sungai musi dan wilayah Sungai Lais. Selanjutnya, 120 ketek bertemu sekaligus berlabuh tepatnya di Benteng Kuto Besak (BKB).

Ketua Panitia Pelaksana Islamic Solidarity Games III (InaISGOC) tingkat daerah Muddai Madang mengatakan, publikasi sekaligus sosialisasi yang melibatkan transportasi air ini merupakan serangkaian acara kegiatan guna menyambut pelaksanaan ISG.

Dimana melalui sosialisasi dan promosi ISG menggunakan transportasi air, agar masyarakat khususnya yang bermukim di wilayah tepian sungai musi mengetahui jika Sumsel sebagai tuan rumah ISG.

“Perlunya kita laksanakan sosialisasi ini dan publikasi ISG, baik itu melalui transportasi air, media massa, dan pihak kita juga meminta bantuan kepada seluruh Walikota, Bupati se Sumsel guna mensosialisasikan sekaligus mempromosikan Sumsel sebagai tuan rumah penyelenggaraan ISG,” ungkapnya.

Muddai menambahkan, rangkaian kegiatan ini berlangsung menjelang pelaksanaan ISG pada saatnya nanti, setiap sabtu dan minggu. Lanjut Muddai, minggu depan pihaknya akan melibatkan lebih dari 60 transportasi air agar sosialisasi dan promosi ISG ini berjalan semarak.

“Sabtu dan Minggu selama menjelang ISG nanti, selanjutnya kita akan melibatkan sebanyak 200 transportasi air yang lebih banyak lagi dari yang saat ini,” jelas Muddai.

TEKS: SADAM MAULANA

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster