10 Hotel tak Miliki Amdal

 312 total views,  2 views today

PALEMBANG, KS-Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Palembang akan mengecek semua hotel khususnya hotel kelas melati di Palembang, apakah memiliki analisis dampak lingkungan (Amdal) atau tidak.

Jika tidak maka menurut Kepala BLH Kota Palembang, M Thabrani,  izin operasional hotel tersebut akan di cabut. Saat ini kata Thabrani, BLH tengah mendata hotel kelas melati yang tidak memiliki izin dokumen Amdal.

“Amdal bagi hotel ini, telah diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 32 tahun 2009, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 27 tahun 2012 dan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 tahun 2013,”kata Thabrani ketika dibincangi, kemarin.

Menurut Thabrani, tiga peraturan tersebut harusnya ditaati semua pelaku usaha. Karena hal tersebut menurutnya, akan berdampak pada lingkungan sekitarnya. “Saat ini berdasarkan pendataan yang kami lakukan,  ada sekitar 10 hotel kelas melati yang tidak memiliki kajian Amdal,”bebernya.

Selain hotel kelas melati, Thabrani mengatakan, pihaknya juga tengah melakukan pengecekkan bagi klinik yang tidak memiliki kajian Upaya Kerusakan Lingkungan (UKL) serta Upaya Penataan Lingkungan (UPL).

“Saat ini ada sekitar 10 klinik yang tidak memiliki UKL dan UPL. Namun kami belum mendapatkan data pasti, berapa jumlah klinik kesehatan di Palembang. Tetapi prakiraan kita, klinik kesehatan di kota ini cukup banyak,” ujarnya.

Ia menyebut, bagi klinik yang tidak miliki UKL dan UPL, akan diberikan peringatan untuk segera melengkapinya. Setelah itu, jika masih belum memiliki maka barulah akan di tindak tegas.  “Kami akan berkoordinasi dengan setiap kelurahan, agar mereka tahu semua usaha harus memiliki Amdal. Sehingga mereka bisa ikut mengawasi,” ucapnya.

Ia menerangkan, kajian pada lingkungan ini sangat penting dimiliki pelaku usaha karena hal tersebut akan berdampak positifr bagi masyarakat sekitar usaha. “Misalnya pelaku usaha tersebut tahu, kemana limbah akan dialirkan karena limbah ini sangat berbahaya,”tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster