Menjadi Pemilih yang Cerdas

 245 total views,  2 views today

pilkada

Oleh IMRON SUPRIYADI

Wacana tentang pentingnya pendidikan politik bagi rakyat (pemilih) hampir setiap kali dijadikan bahan diskusi sejumlah aktifis pro demokrasi, terutama menjelang Pemilu. Tema ini diusung kepermukaan bermula dari realitas politik di negeri ini yang sudah demikian dikungkung oleh racun politk uang. Nyaris bisa dipastikan, dalam setiap pemilu, praktik politik uang atau politik transaksional selalu saja muncul.

Dalam kasus ini jika dibuat satu analogi siapa yang salah, sama halnya ketika Anda bertanya mana yang lebih dulu, telur atau ayam. Dengan kata lain, sejumlah tokoh politik dan beberapa kandidat kepala daerah memanfaatkan pragmatisme ini seakan menjadi ladang empuk untuk menangguk suara. Di lain pihak, rakyat yang selama ini sudah tidak percaya pada para praktisi politik dan kepala daerah, sebagian orang kemudian menangguk keuntuungan sesaat meskipun hanya Rp 50-100 ribu.

Kesadaran pragmatis rakyat yang demikian itu, sudah barang tentu akan menguatkan praktik politik uang yang dilakukan oleh aktor politik dan para kepala daerah. Ketika yang bersangkutan duduk di kursi kekuasaan, sudah merasa “membeli” suara sehingga logika yang melintas bukan bagaimana malayani rakyatnya, tetapi bagaimana harus mengembalikan modal kampanye sebelum menempati kursi kekuasaan.

Ironis memang. Tetapi inilah faktanya, betapa rakyat yang selama ini menjadi pemilih masih cenderung menjadi obyek politik. Tentu kenyataan yang demikian diperlukan satu proses penyadaran yang wajib disegerakan, sehingga demokrasi yang lahir bukan sebatas demokrasi prosedural, tetapi benar-benar demokrasi yang menyejahterakan rakyat.

Dalam sebuah kesempatan, pengamat politik Universitas Gajah Mada (UGM), Dr. Abdul Gaffar Karim, mengingatkan agar rakyat dapat menggunakan hak pilihnya dan menjadi pemilih cerdas dalam setiap pemilu, yakni dengan mengetahui partai dan caleg atau calon kepala daerah yang akan dipilih berdasarkan pertimbangan yang matang, bukan berdasarkan hati nurani.

Gaffar menyebut, memilih dengan hati nurani sangat tidak tepat karena memilih tidak hanya berdasarkan feeling seperti membuat secangkir kopi, berapa takaran sendok gula dan kopinya. Oleh sebab itu, untuk memilih caleg atau kepala daerah harus betul-betul berdasarkan atas visi, misi, dan program yang jelas.  Sebab para caleg atau kepala daerah itulah yang nantinya akan menjadi wakil dan pemimpin rakyat, baik di legislatif maupun di eksekutif dan menentukan masa depan rakyat dalam lima tahun ke depan.

Dalam konteks ini, menjadi pemilih cerdas sangat penting dalam pemilu mendatang. Sebab banyaknya caleg dan partai yang berkompetisi. Banyak partai politik yang memiliki ideologi dan program yang sama, yang disebut Gaffar sebagai partai “sekoci” dengan “kapal” yang sama sehingga mencari caleg secara asal-asalan. Ia mencontohkan ada caleg yang mencalonkan diri beramai-ramai di partai tertentu dan setelah itu mundur secara bersamaan juga karena mereka diterima menjadi PNS. Hal ini membuktikan bahwa menjadi caleg sekadar mencari pekerjaan, bukan ingin menjadi wakil rakyat. Sebagai wakil rakyat harus mapan, kuat, dan teladan di masyarakat.

Di Sumsel, tidak lama lagi akan digelar juga Pemilihan Suara Ulang (PSU) bagi kompetisi kursi gubernur Sumsel. Masing-masing calon sudah tentu akan mengeluarkan semua tenaganya untuk meraup suara di setiap lokasi pertandingan. Dan bukan tidak mungkin praktik politik uang akan mewarnai kompetisi politik ini. Tinggal rakyat yang harus cerdas memilih, siapa yang pantas dan layak menjadi pemimpin Sumsel mendatang. Tentu bukan karena membual janji, tetapi dengan fakta program, visi dan misi yang jelas. Uang bukan segalanya. Dengan menerima uang untuk memlih seorang pemimpin, sama halnya rakyat telah megadaikan dirinya untuk lima tahun. Tuhan sudah menciptakan manusia dengan sangat mulia, maka jangan nodai diri kita hanya dengan rp 50 atau 100 ribu.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster