Car Free Day Berlanjut

 241 total views,  2 views today

DSC_5283

Car Free day Palembang

PALEMBANG, KS-Setelah sempat terhenti, akhirnya penerapan car free day (hari tanpa kendaraan) di kawasan Jalan Jend Sudirman, Palembang, akan kembali berlanjut. Hari tanpa kendaraan di kawasan pusat kota itu, akan kembali diterapkan pada Minggu (1/9) mendatang.

Pelaksanaannya nanti menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, Masripin Toyib melalui Kepala Bidang (Kabid) Transportasi Darat, Rel dan Kereta Api, Agus Supriyanto, akan lebih semarak.  “Ada beberapa kegiatan pendukung, saat car free day nanti seperti sepeda santai dan senam erobik,” kata Agus yang dibincangi, Jumat (30/8).

Ia menjelaskan,  penerapan car free day di Jalan Sudirman ini sebenarnya sangat bermanfaat. Sebab kondisi kawasan car free day di Kambang Iwak, sudah sangat padat dan tidak dapat menampung antusiame masyarakat yang akan berolahraga.

Namun memang dilapangan sebutnya, mengalami kendala karena terjadinya kemacetan di jalur alternatif. Hal tersebut dinilai wajar, karena pusat perekonomian berada dan akses seluruh kendaraan melalui jalan Jalan Sudirman.

Walaupun demikian, Dishub akan terus mengevaluasi agar penerapan car free day, agar tidak memberatkan semua dan memberikan asas manfaat. “Masih terus kita kaji dan evaluasi penerapan car free day 3 bulan sekali bersama pihak terkait dan melihat asas kemanfaatan,”ungkapnya.

Sambung Agus, selama ini penerapan car free day mulai pukul 05.00  WIB– 09.00 WIB , namun pada prakteknya pukul 05.00  WIB– 08.00 WIB. Hal tersebut karena menyesuaikan, kebutuhan, jika memang pada kondisi tertentu intensitas kendaraan sudah meningkat, maka penerapan car free day akan di stop. “Kita melihat situasi, jika dirasa intensitas kendaraan meningkat dan terjadi kemacetan akan segera kita buka lagi,”terangnya

Agus mengatakan, pihaknya akan menyusun penerapan untuk Minggu (1/9) yang direncanakan lebih semarak lagi dari yang sebelumnya. “Nanti akan kita siapkan sound system di depan sekitar area tugu enteprenuer yang berada di Sudirman,”ujarnya.

Sebagai informasi, kawasan Jalan Jendral Sudirman menjadi kawasan bebas kendaraan, yang telah diresmikan sekitar Juni yang lalu. Namun sejak bulan suci ramadhan 1434 hijiriyah lalu, penerapannya dihentikan sementara.  “Itu kita lakukan, karena di bulan puasa biasanya antusias masyarakat berkurang untuk melaksanakan olahraga. Nah sekarang, akan kita buka kembali,”tukasnya.

 Teks    : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster