Tarif Parkir akan Diseragamkan

 377 total views,  2 views today

parkir

PALEMBANG, KS-Karena beragamnya tarif parkir yang ada di sejumlah mal di Kota Palembang, Pemerintah Kota (pemkot) Palembang bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang berencana akan menyeragamkan tarif parkir. Pemberlakuan ini, tidak hanya untuk parkir mal namun juga di hotel.

Ketua komisi III DPRD Palembang, Aidil Adhari mengatakan, hal itu dilakukan agar meringankan beban masyarakat. Oleh karena itu, kami telah sepakat dengan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) untuk memanggil para pengelola parkir.

“Dalam kesempatan beberapa waktu yang lalu kami sudah berkoordinasi, dan ini akan diseragamkan. Seperti usulan sebelumnya, kami minta agar diturunkan seperti semula yakni Rp2.000 per jam,”ungkap Aidil, Senin (27/8).

Sementara itu, Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Palembang, Agus Kelana mengatakan, kedepan kami akan segera mengimbau pada pengelola parkir untuk dapat menyeragamkannya. Namun untuk masalah teknis tidak dapat kami campuri. Kami hanya menghimbau, agar dapat mementingkan kebutuhan masyarakat.

“Baik hotel maupun restauran nanti semuanya akan seragam. Untuk pajak seperti biasa, akan dikenakan 30 persen,” jelasnya Berdasarkan yang kita ketahui, saat ini tarif parkir disejumlah mal memang bervariasi, seperti di Mal Palembang Square (PS) yang mematok per jam Rp1500 untuk parkir motor. Jam kedua dan selanjutnya tetap sama yakni Rp1500. Sementara untuk mobil Rp3.000 per jam.

Menanggapi hal tersebut, Kabag manager EZ Parking, Aliandi mengatakan, kenaikan tarif parkir saat ini dikarenakan naiknya Upah Minimum Provinsi (UMP). Maka untuk menyikapinya, pengelola parkir menaikkan tarif. “Dengan beban naiknya UMP maka kami naikkan. Tarif ini rata tidak ada tarif week end,” ujarnya.

Terkait dengan pemanggilan yang akan dilakukan Dispenda dan DPRD, Aliandi mengaku belum mengetahui. Tetapi jika memang dikehendaki pemerintah untuk mengembalikan pada tarif semula, Aliandi menyebut tidak keberatan dengan hal itu.

“Beda halnya dengan tarif di Palembang Indah Mal (PIM) yang mengenakan tarif motor sebesar Rp2.000 pada jam pertama dan Rp1.000 jam berikutnya. Sedangkan tarif mobil Rp3.000 pada jam pertama. Untuk akhir pekan tarifnya. Untuk akhir pekan tarifnya berbeda, yakni Rp 6 ribu untuk mobil dan Rp3 ribu, motor. Namun tarif ini tidak berlaku kelipatan,”imbuhnya.

Sementara itu salah seorang pengunjung PS Mal, Lia (28) menilai tarif parkir memang cukup besar. Karena itu, tidak semua pengunjung akan berjam-jam berada di mal. Baik parkir di PIM maupun di PS menurutnya, sudah memberatkan. Apalagi, tanggung jawab serta pelayanan yang diberikan kurang sepadan. “Kalau lewat lima menit saja, hitungannya sudah dua jam dan harus bayar Rp3 ribu. Coba per jam nya Rp500 atau Rp1.000 saja,”tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster