PKK Kabupaten OI dan Pertamina Gelar Workshop

 294 total views,  2 views today

bupati

Bupati OI, H. Mawardi Yahya saat memberikan penghargaan kepata PT Pertamina diwakili oleh Manager Aset 2 Pertamina EP Prabumulih, Sobri Ibrahim sebagai tanda terima kasih atas peran serta dalam pembangunan OI

INDERALAYA|KS-PKK Kabupaten Ogan Ilir (OI), menggandeng Pertamina EP Asset 2 Field Prabumulih menggelar workshop untuk ratusan tutor Pendidikan Anak Usia Dini (Paud), se kabupaten, Selasa (27/8) di Aula LPMP Inderalaya.

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka langsung Bupati OI H Mawardi Yahya, menghadirkan dua tutor tingkat nasional Bunda Astri Ivo dan Bunda Endang Coiriah dari Jakarta.

Selain itu, PT Pertamina EP Region Sumatera juga mengimplementasikan program PAUD melalui pembangunan gedung PAUD di Rambang Kuang dan pemberian bantuan alat permainan edukatif.

Ketua TP PKK OI, Hj Fauziah Mawardi Yahya mengatakan, kegiatan tersebut dapat terselenggara melalui kerjasama yang baik dengan Pertamina Field Prabumulih melalui dana CSR, dan dukungan Pemkab OI.  Bahkan pihaknya secara langsung mengundang pembicara dari Jakarta Bunda Astrie Ivo dan Bunda Endang Choiriah untuk memberikan materi kepada guru atau tutor di  371 lembaga paud 16 kecamatan.

Menurut Hj Fauziah, saat ini mutu pendidikan terutama untuk PAUD mengalami penurunan, namun  atas dukungan bupati dan pertamina secara bersama PKK dapat menggelar workshop. Disebutkannya paud merupakan titik sentral pembangunan masa depan, dengan melibatkan tutor keluarga dan masyarakat.

“Karena ada hal yang penting untuk tidak diabaikan, anak diajarkan budi pekerti soal moral, perkembangan karakter, guru membantu agar pendidikan moral ditanamkan sejak dini, apalagi umur 0-6tahun adalah masa yang penting untuk kemajuan dan pembentukan karakter anak,” katanya.

Menurutnya pendirian PAUD sudah dilakukan sejak 26 Juni 2006, diperlukan peranan Diknas untuk memberikan standarisasi, agar nantinya para tutor memiliki tingkat pendidikan sesuai konsep pembelajaran PAUD.

Field Manager Aset 2 Pertamina EP Prabumulih, Sobri Ibrahim, mengatakan, pendidikan anak usia dini merupakan pondasi keberhasilan anak dimasa depan. Oleh sebab itu, upaya mendukung pendidikan anak ini menjadi salah satu program prioritas PT Pertamina EP Prabumulih bekerjasama dengan Tim PKK Ogan Ilir.

Dia mengaku dengan mengambil tema “kita tingkatkan tutor PAUD dalam membentuk karakter positif pada anak sejak usia dini melalui pendekatan kemandirian, nilai moral dan spiritual Ogan Ilir” dapat menyongsong masa depan yang lebih baik.

“Memandang pendidikan sebagai salah satu investasi terbesar untuk generasi muda sehingga program-program kepedulian perusahaan banyak dilakukan di sektor pendidikan. Salah satunya program yang dilaksanakan adalah pembangunan gedung PAUD hingga pemberian bantuan alat permainan edukatif kepada PAUD,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Ogan Ilir H Mawardi Yahya menyatakan sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Pertamina dalam mendukung program pendidikan melalui peningkatan mutu PAUD.

“Di Sumsel ini, Ogan Ilir termasuk kabupaten yang gencar menjalankan program pendidikan anak usia dini. Jelas program dari Pertamina sangat menunjang program Pemkab. Jika semua perusahaan di Ogan Ilir sama seperti Pertamina, dimungkinkan Ogan Ilir akan semakin maju dibidang pendidikan,”kata Mawardi.

Bupati berharap perusahaan lain seperti PTPN VII Cinta Manis, PT SPF dan PT Keramik Arwana dapat mengimplementasikan penyaluran CSR dibidang pendidikan demi kemandirian dan kemajuan pendidikan di Ogan Ilir.

Sebagai bentuk kepedulian Pemkab Ogan Ilir terhadap kemajuan PAUD, masih kata Mawardi, pihaknya juga mengalokasikan dana tunjangan sebesar Rp350juta per bulan yang diberikan kepada sekitar 367 PAUD yang ada di Ogan Ilir.

Teks : Junaedi Abdillah

Editor : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster