Pelayanan RSD Besemah Belum Optimal

47 total views, 3 views today

PAGARALAM, KS—Tingkat layanan Rumah Sakit Daerah Besemah (RSDB) Kota Pagaralam, sudah berstatus  Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Namun masih katagore tipe D plus atau setingkat dari Pusat Kesehantan Masyarakat (Puskesmas).

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kesehatan, Kota Pagaralam Drs Roshan M Kes, Selasa (27/8).

Menurutnya, sejauh ini berbagai persoalan tengah dihadapi RSD Besemah dimana masih banyaknya sarana pendukung yang belum memenuhi persyaraktan tipe C, seperti empat katagori yang harus ada dokter spesialis.

“Kita baru ada beberapa saja yang dilayani dokter spesialis. Sementara untuk  menjadi syarat rumah sakit tipe C mesti ada dokter sepecialis kandungan, dalam, anak dan bedah,” ujarnya.

Ia menambahkan, dalam bidang layanan, harusnya perlu lebih optimal guna mendukung program Pagaralam sehat. Karena keberadaan ataupun fungsi daripada  rumah sakit itu  sendiri ibarat bengkel, sehingga sangat diperlukan adanya sarana pendukung agar dapat bekerja lebih optimal, termasuk keberadaan tenaga medis.

“Jika melihat dari kondisi bangunan yang ada sudah memenuhi syarat untuk tipe C, tapi untuk bidang layanan belum optimal. Sebetulnya, rumah sakit lebih fokus kepada pelayanan,  sementara  Dinas Kesehatan hanya sebatas memberikan pengetahuan terhadap bagaimana pola hidup sehat dapat diterapkan di kehidupan masyarakat. Meski demikian, kedua fungsi ini tidak bisa dipisahkan jika program Pagaralam sehat dapat terwujud,” katanya.

Kedepan, lanjut dia, pihaknya bukan hanya akan menambah tenaga medis di berbagai pusat layanan kesehatan dan termasuk dokter serta bidan. Karena langkah ini dapat lebih optimal lagi dalam memenuhi pelayanan kesehatan ditingkat yang paling bawah seperti Polindes, Postu dan Puskeskel.

“Kita akan tempatkan para petugas kesehatan seperti bidan di berbagai dusun dalam bentuk pegawai tidak tertap (PTT) dengan masa kerja minimal tiga tahun,” tegasnya.

Terpisah, Walikota Pagaralam Hj Ida Fitriati Basjuni mengharapkan kepada seluruh paramedic maupun pegawai RSD Besemah, agar lebih meningkatkan pelayanan terutama terhadap pasien di rumah sakit tersebut.

“Diminta kepada seluruh pegawai dan paramedic agar dapat  lebih meningkatkan pelayan, terutama terhadap para pasien maupun warga yang berobat agar lebih nyaman dan mendapat pelayanan yang memadai,” kata Walikota.

Ia mengatakan, sebagai salah satu program pemerintah dibidang kesehatan, selain kondisi gedung rumah sakit yang sudah cukup megah dan memenuhi standar, pelayanannya pun mesti menjadi prioritas dari paramedis yang bertugas di rumah sakit. Karena  memberikan pelayanan yang baik sudah semestinya dilaksanakan guna mewujudkan kenyamanan kepada pasien yang berobat.

“Saya juga menghimbau kepada para petugas rumah sakit, agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pasien tanpa pandang bulu, tidak mendahulukan keluarga, serta kalangan pejabat sekalipun,” kata Ida.

Teks : Antoni Stefen

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com