Palembang Dapat Bantuan Fire Jeep

 103 total views,  2 views today

alat-pemadam

Ilst Alat Pemadam Kebakaran

PALEMBANG, KS-Hasil inovatif yang ditorehkan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Sumatera Selatan (Sumsel), berupa kendaraan pemadam bahaya kebakaran yakni fire jeep mendapat apresiasi dari Gubernur Sumsel.

Direncanakan kendaraan yang diluncurkan 1 Mei 2013 lalu ini, akan menjadi kendaraan operasional Badan Penangulangan Bahaya Kebakaran(BPBK) di Kota Palembang melalui bantuan Pemerintah Provinsi (pemprov) Sumsel.

Gubernur Sumsel H.Alex Noerdin mengatakan, pemprov akan membeli produksi hasil anak bangsa tersebut untuk membantu operasional Kota Palembang, Muara Enim dan Musi Banyuasin (Muba).

“Kita prioritaskan kota Palembang karena masih berpotensi kabakaran,”jelasnya, disela-sela peringatan hari kebangkitan teknologi nasional (hakteknas) ke- 18 tahun 2013, Selasa (27/8) dihalaman kantor Camat Alang-Alang Lebar (AAL).

Alex mengatakan, Kota Palembang menjadi kota paling prioritas untuk mendapatkan bantuan dari pemrov, terlebih selain menjadi ibu kota provinsi juga menjadi kota tempat perhelatan pesta olahraga akbar negara Islam sedunia, Islamic Solidarity Games (ISG) pada September mendatang. “Kita tunggukan pengajuan yang akan dipinta Pemkot Palembang ini ke pemrov Sumsel,”tegasnya.

Sementara itu Wali Kota Palembang, H Romi Herton menyambut positif rencana bantuan kendaraan operasional pemadam kebakaran tersebut. “Semoga ini menjadi pilot project perkembangan produksi mobil Damkar di Indonesia,”jelasnya.

Sambung Romi, kebutuhan penambahan mobil Damkar ini untuk Kota Palembang masih sangat membuthkan mengingat beberapa kendaraan BPBK yang ada sudah mulai tua. “Saya kira perlu ada tambahan mobil damkar, tetapi tidak harus mengunakan dana APBD Palembang,”jelasnya.

Ditempat yang sama Kepala BPBK kota Palembang, Edison mengatakan keberadaan fire jeep sangat dibutuhkan mengingat kondisi jalan di Kota Palembang yang masih sangat sulit untuk dilalui kendaraan fire tanker pemadam kebakaran milik Dinas Penanggulangan Bahaya Kebakaran Kota Palembang. “Jenis kendaraan ini sangat cocok sekali jika ada kebakaran ditempat-tempat yang sulit dilalui kendaraan besar BPBK,”ujarnya.

Ia menyebut, fire jeep sangat efektif. Namun kata Romi, tetap harus ada pendampingan dari kendaraan penyuplai air yang bobot penyimpanan airnya lebih besar mengingat daya tampung kendaraan fire jeep hanya mampu menampung air sebanyak 1.000 liter.

“Idealnya, kita butuh lima kendaraan ini (fire jeep) untuk ditempat dikawasan padat penduduk seperti pos kebakaran di Gandus, Seberang Ulu,”tukasnya (ALAM)

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster