Kadinkes : Jangan Terima Kartu Cek Golongan Darah Tanpa Nama Pemeriksa

 1,316 total views,  4 views today

Contoh-kartu-cek-darah-tanpa-nama-pemeriksa

Contoh kartu cek darah tanpa nama pemeriksa

Lahat | KS-Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabupaten Lahat mengingatkan, masyarakat untuk tidak menerima kartu cek golongan darah jika didalam kartu tersebut tidak dicantumpak penanggung jawab pemeriksaan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala dinas Kesehatan Lahat Dr.H.Muzakir,SH Selasa (27/08), terkait adanya temuan kartu identitas golongan darah yang tidak disertai nama penanggung jawab.

Menurutnya, identitas pemeriksa  golongan darah, baik yang dilakukan oleh pihak rumah Sakit maupun Puskesmas sangat penting karena menyangkut pertolongan nyawa orang lain.

“Ini adalah sebuah masukan bagi kami, dan nantinya akan menjadi pelajaran bagi kita semua untuk lebih teliti lagi, dan apabila masyarakat yang periksa darah dan tidak ada nama petugas pemeriksa tolong jangan diterima sebelum ada nama pemeriksa pengecek golongan darah tersebut,” kata Muzakir.

Dia menambahkan, apabila terjadi transpusi darah, siapa yang akan bertanggung jawab. Pihaknya sangat menyesalkan dengan apa yang terjadi pada kartu golongan darah milik JZ ini, karena hanya ada cap nama puskesmas, dan tidak ada nama petugas, dan tanggal pun tidak tertera.

“Memang harga cap tidak seberapa harganya, akan tetapi pertanggung jawabannya sangat besar. Dengan adanya kejanggalan seperti ini, mudah-mudahan kedepan tidak terjadi lagi dan menjadi instropeksi bagi tubuh dinkes untuk lebih teliti lagi dalam menjalankan tugas sebagai pengayom kesehatan bagi masyarakat,” ungkapnya.

Teks / Foto : Jumra Zefri

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster