4 September Diusulkan Jadi Hari Libur

 259 total views,  2 views today

PALEMBANG, KS-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel), mengusulkan agar saat pemungutan suara ulang (PSU) pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) Sumsel, 4 September mendatang ditetapkan sebagai hari libur, khususnya daerah yang melaksanakan PSU.

Hal ini menurut komisioner KPU Sumsel, Ong Barlian dilakukan untuk memudahkan para pemilih yang bekerja, sekolah dan menjaga situasi agar kondusif. “Tanggal 4 September 2013 itu jatuh pada hari Rabu yaitu pada hari kerja. Jadi akan baik jika diliburkan,” kata Ong Barlian, Selasa (27/8).

KPU Sumsel sendiri sudah mengirimkan surat kepada Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, untuk menerbitkan Surat Keputusan (SK) Gubernur untuk menetapkan libur saat pemungutan suara. Kebijakan libur ini nantinya akan diterapkan pada lingkungan sekolah dan lingkungan kantor di daerah yang melaksanakan PSU. “Sekolah juga diliburkan karena guru juga punya hak pilih. Pada 6 Juni lalu kita juga liburkan saat pemungutan suara,” ujar Ong.

Pemilihan tanggal 4 September sebagai hari pemungutan suara kurang dari 10 hari lagi, dan pihak KPU sudah melakukan persiapan untuk itu khususnya logistik saat pencoblosan. Selain itu pihaknya juga telah melakukan sosialisasi untuk msyarakat di 5 daerah yaitu Palembang, Prabumulih, OKU, OKU Timur dan Kecamatan Warkuk Ranau Selatan Kabupaten OKU Selatan.

Ia menjelaskan bahwa hari pemungutan suara 4 September tersebut, merupakan tindak lanjut dari keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) sebelumnya yang memerintahkan KPU Sumsel untuk melakukan pemungutan ulang di beberapa daerah yang diduga terdapat pelanggaran dari kandidat tertentu. Itu dilakukan dua bulan sebelum berakhir masa jabatan Gubernur Sumsel saat ini.

“Kepemimpinan Gubernur saat ini berakhir pada 7 November 2013. Jadi tanggal 4 September 2013, kami pilih untuk pemungutan suara ulang, karena bisa saja nanti ada putaran kedua, jika tidak ada pasangan calon yang mencapai 30+1 persen suara,” tukasnya.

Sebagai informasi, Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU Sumsel untuk menggelar PSU di Palembang, Prabumulih, OKU, OKU Timur dan satu kecamatan di OKU Selatan.

KPU Sumsel kemudian menetapkan PSU akan digelar 4 September. Dalam PSU tersebut, akan diikuti empat pasangan calon gubernur (cagub)-calon wakil gubernur (cawagub) Sumsel yakni pasangan Iskandar Hasan-Hafisz Tohir, Eddy Santana Putra-Wiwiet Tatung (ESP-WIN), Herman Deru-Maphilinda Boer (DerMa) dan Alex Noerdin-Ishak Mekki.

Teks     : Dicky Wahyudi

Editor : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster