Walikota Pagaralam : Antisipasi Kebocoran Melalui Administrasi Yang Baik

 429 total views,  2 views today

PAGARALAM, KS—Seiring pesatnya pembangunan di Bumi Besemah saat ini, mharus dibutuhkan langkah-langkah antisipasi untuk menghindari terjadinya berbagai  bentuk penyimpangan dan penyelewengan dana program Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang diterapkan.

“Guna mengantisipasi adanya tingkat kebocoran dana program, setiap SKPD yang ada mesti memiliki sertifikasi pelatihan dalam mengelolah data.  Selain itu, tingkatkan pengawasan dengan memupuk semangat kerja yang tinggi dan penuh tanggungjawab,” ujar Walikota Pagaralam dr Hj Ida Fitriati Basjuni MKes, Senin (26/8).

Menurutnya, sebelum menjalankan program SKPD hendaknya diawali dengan perencanaan administrasi yang baik. Mulai dari penyusunan anggaran yang telah disesuaikan ketentuan yang berlaku maupun cara pelaksanaannya pun sesuai dengan rencana anggaran belanja (RAB). Hal ini diyakini dapat menghindarai berbagai bentuk kebocoran-kebocoran dana program, sehingga hasil yang dicapai lebih optimal.

“Pencapaian hasil maksimal dalam mengelolah dana program mesti diawali dengan perencanaan administrasi yang baik, sehingga kemajuan realisasinya pun  disesuaikan dengan RAB,” katanya.

Ia mengatakan, munculnya berbagai kebocoran biasanya terjadi karena dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya, unsur kesengajaan dengan mengurangi volume  pengerjaan maupun faktor ketidaktahuan dari Satuan Kerja (Satker) ketika melaksanakan program yang direncanakan.

“Akibat kurangnya pengetahuan terhadap tugas pokok maupun fungsi dengan baik dan benar, para pengguna anggaran dituntut profesional dan penuh tanggungjawab guna menghindari adanya berbagai kebocoran dana  kegiatan dengan meningkatkan pengawasan terhadap pembangunan di Kota Pagaralam kedepan,” tegasnya.

Lebih jauh Ida mengatakan, diinstruksikan kepada seluruh satker untuk mulai menjalankan kegiatan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi). Karena kemajuan pembangunan di Pagaralam yang berjalan kian pesat, tentunya mesti mengedepankan kualitas yang baik  demi menjaga amanah yang telah diberikan masyarakat terhadap kemajuan  Kota Pagaralam.

“Guna menjaga amanah yang telah diberikan masyarakat terhadap pelaksanaan kemajuan di Kota Pagaralam, dituntut agar lebih mengedepankan kualitas yang baik,” hendaknya.

Teks : Antoni Stefen

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster