Malaysia Pastikan Ikuti ISG

 214 total views,  2 views today

malaysiasai

PALEMBANG | KS-Malaysia memastikan bakal ambil bagian pada perhelatan Islamic Solidarity Games (ISG) III, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), 22 September-1 Oktober 2013 mendatang.

Demikian yang diungkapkan Ketua Panitia Pelaksana ISG (InaISGOC) tingkat daerah, Muddai Madang melalui Sekertaris Umum, Maryama Bustam saat dibincangi di Sekretariat ISG di Hotel Jayakarta Palembang, Senin (26/8) kemarin.

Dia mengatakan, Malaysia menjadi yang pertama memberikan konfirmasi dari tujuh negara yang sisanya belum memberi kepastikan keikutsertaan mereka pada ISG. Meski secara lisan sudah menyatakan ketertarikan, namun panitia tetap menunggu kepastiaannya resmi.

“Enam negara hingga kini masih dinantikan konfirmasinya, karena informasi yang didapatkan sebatas lisan. Sementara panitia pelaksana memerlukan pendaftaran resmi secara online,” katanya.

Ia menjelaskan, keenam negara yang belum memastikan keikutsertaannya tersebut yakni, Gabon, Tunisia, Somalia, Senegal, Jibouti, dan Kamerun. “Semula ada tujuh negara. Namun belakangan Malaysia telah melakukan pendaftaran, dan resmi menjadi peserta ISG,” ujarnya.

Menurutnya, panitia pelaksana memberikan batasan waktu hingga akhir Agustus 2013 mengingat perhelatan itu akan digelar kurang dari satu bulan lagi. Bahkan untuk pertandingan bola basket akan dimulai pada 14 September dan sepak bola pada 16 September mendatang.

“Panitia pelaksana terpaksa memberikan batas waktu karena berkaitan dengan kesiapan penyelenggara. Jika data mengenai peserta dan ofisial tidak rampung maka sulit untuk mematok berbagai kebutuhan,” ujarnya.

Ia menambahkan sementara ini, sebanyak 32 negara telah memastikan keikutsertaan pada perhelatan olahraga negara-negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) ini yakni, Aljazair, Azerbaijan, Brunai Darussalam, Burkina Faso, Mesir, Guyana, Indonesia, Iran, Irak, Kuwait, Libya, Maladewa, Malaysia, Maroko.

Kemudian, Oman, Pakistan, Palestina, Qatar, Saudi Arabia, Syria, Tarjikistan, Turki, Turkmenistan, Uganda, Uni Emirat Arab, Nigeria, Yordania, Gambia, Mauritania, Yaman, Guinea, dan Sudan.

“Tidak semua negera OKI yang total jumlahnya 57 negara ambil bagian, namun yang tidak ikut pada ajang olahraga ISG ini akan turut hadir sebagai peninjau,” jelasnya.

Berdasarkan data “entry by name” panitia pelaksana, sekitar 1.743 orang atlet, 589 orang ofisial dan total 2.332 atlet dan ofisial yang akan ambil bagian pada perhelatan itu. Terdapat 13 cabang olahraga yang dipertandingkan dari total 184 nomor yang akan dipertandingkan, yakni Atletik, Panahan, Aquatic, Angkat Besi, Bola Voli, Basket, Voli Pantai, Bulu Tangkis, Sepakbola, Taekwondo, Karate, Wushu dan Tennis Lapangan.

TEKS: SADAM MAULANA

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster