Kepala KPPT : Banyak Usaha Tidak Memiliki Izin

 272 total views,  2 views today

izin-usaha

Ilst. Signature

PAGARALAM, KS—Upaya menekan sejumlah usaha besar yang  diduga tak mengantongi izin, Tim gabungan yang dikoordinir Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kota Pagaralam melakukan monitoring dan pengevaluasian izin terhadap tempat usaha yang ada di Bumi Besemah.

Pantauan Kabar Sumatera, Senin (26/8), ada sejumlah usaha yang belum memiliki izin, mulai dari usaha jasa atau dagang seperti toko, bengkel, sablon atau usaha percetakan (Printing) hingga minimarket dan swalayan, karena tak bisa menunjukkan izin usahanya.

Sebagian lagi, pemilik usaha masih enggan untuk melakukan registrasi atau perpanjangan secara rutin setiap tahunnya.

Sementara pengawasan sekaligus evaluasi dilakukan dalam menindaklanjuti pendataan yang telah dilakukan beberapa bulan lalu, terkait apakah mereka sudah membuat surat izin tempat usaha (SITU), SIUP, atau IMB.

Tim gabungan selain dari KPPT, juga melibatkan Sat Pol PP, kecamatan dan kelurahan. Sejumlah usaha yang tak bisa menunjukkan izin usahanya, tanpa pandang bulu langsung ditempel stiker bertuliskan “Tempat Ini Belum Memiliki Izin”.

Kepala KPPT Kota Pagaralam Drs. Asran Bahuri MM, melalui Kasi Informasi Alven Sudardo SHut, didampingi Kasi Pelayanan Rickky Kusumadinata S.Kom mengatakan, hasil sementara tim yang turun ke lapangan sejak Selasa hingga Sabtu, masih ditemui sejumlah usaha tak memiliki izin.

“Bagi usaha yang tak mengantongi SITU dan SIUP langsung kita tempel stiker, menandakan bahwa usaha tersebut tak memiliki izin,” kata Alven.

Ia mengatakan, padahal sebelumnya pihaknya telah berulangkali melakukan pendataan beberapa bulan lalu. Namun hingga kini para pemilik usaha, belum juga membuat izin sesuai dengan usaha yang dijalankan.

“Dihimbau kepada  para pemilik usaha yang tiddak memiliki atau belum melakukan registrasi (perpanjangan-red) untuk segera mengajukan. Pastinya, kita akan mempermudah proses permohonan izin mereka sesuai dengan prosedur,” terangnya.

Teks: Antoni Stefen

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster