Barang Elektronik pun Bakal Naik

 229 total views,  2 views today

elektronik

PALEMBANG | KS-Anjloknya nilai tukar rupiah terhadap dolar bukan hanya berdampak terhadap produk otomotif akan tetapi sebagian besar barang-barang elektronik pun ikut-ikutan naik

Emil Salim, Manajer salah satu penjualan barang eletronik di kawasan Sekip mengutarakan, berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah   anjloknya mata uang rupiah, akan mempengaruhi harga elektornik.

Menurut Emil, beberapa perusahaan elektronik pemasok di tokonya pun memperkirakan rata-rata kenaikan barang-barang elektronik seperti televisi, lemari es, sound system, mesin cuci, berkisar hingga 5 persen.  “Menyesuaikan dengan nilai tukar rupiah yang rendah , pemasok akan menaikan harga  hingga 5 persen,” kata Emil (26/8).

Lanjutnya, Kondisi pasar elektronik diperkirakan akan sedikit melemah pasca naiknya nilai tukar rupiah terhadap dollar “Minat warga untuk membeli kebutuhan elektronik sudah berdasarkan tingkat kemampuan ekonominya, bila harga dolar tinggi pastilah barang lain ikut naik ” kata Emil.

Hal senada juga diungkapkan, rahmat  karyawan  toko duta elektonik dan Furniture menurutnya,  kenaikan elektronik akan terjadi terutama pada jenis barang seperti AC dan mesin cuci karena bahan material pembuatan tersebut diimpor langsung dari luar negeri yang mengikuti harga dollar.

Lanjutnya, bahan material atau bahan baku pembuatan tersebut di impor dari luar negeri hal ini juga yang membuat pihaknya menaikkan harga kedua produk tersebut. “Sebenarnya kenaikan barang elektronik sangat terasa pada bulan Mei lalu yang diikuti pula oleh kenaikan bahan bakar minyak yang baru wacana saja,” tuturnya.

Diperkirakan,awal September nanti akan terjadi kenaikan karena awal September barang yang dihadirkan merupakan stok baru. “Kalau untuk saat ini, stok masih lama yang merupakan stok pembelian tiga bulan lalu.Akan tetapi kita telah sedikit menyesuaikan harga,” Tutup Rahmat.

TEKS : JADID ULUL ALBAB

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster