2070 Personel Amankan ISG

 193 total views,  2 views today

polisi

Ilst. Polisi | Foto : Bagus Park

PALEMBANG,KS-Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel), akan menerjunkan 2.070 personel nya untuk mengamankan pelaksanaan Islamic Solidarity Games (ISG), yang akan berlangsung 22 September-1 Oktober mendatang di Palembang.

Polda menurut Wakil Kepala Polda Sumsel, Brigjen Pol M Zulkarnain, sudah mulai bersiap melakukan pengamanan dalam event tersebut.  Pengamanan ISG ini, dilakukan dalam operasi dengan sandi  Widha Musi 2013.

“Ada 2.070 personel yang kita terjunkan, mereka akan disebar di titik-titik strategis saat ISG nanti baik itu hotel tempat atlet menginap, venue pertandingan, dan titik keramaian lainnya,” jelas  Zulkarnain yang dibincangi di Griya Agung, Senin (26/8).

Ribuan petugas tersebut jelasnya, akan ditugaskan mulai dari kedatangan kontingen ISG sampai dengan penutupan.  “Kita juga, akan mengamankan atlet dan official di luar arena pertandingan. Sangat besar kemungkinan jika mereka nantinya, ingin melihat-lihat Kota Palembang,”ucapnya.

Sementara itu Panglima Komando Daerah Meliter (Kodam) II Sriwijaya, Mayjend TNI Bambang Budi Waluyo menambahkan, Kodam II Sriwijaya akan  mem back up pengamanan yang dilakukan kepolisian saat ISG berlangsung.

Kodam pun bebernya, akan menerjunkan prajurit TNI untuk melakukan pengawalan dan pengamanan khususnya kepada tamu-tamu katagori VVIP seperti kepala negara, pejabat negara dari negara peserta ISG.  “Untuk pengamanan tamu VVIP ini, standarnya sama dengan standar pengamanan saat RI 1 berada di Palembang atau daerah,” sebutnya.

Pengawalan dan pengamanan kepada tamu VVIP ini sambungnya, akan dilakukan mulai dari tempat menginap sampai di lokasi pertandingan.  “Namun sampai saat ini, kita belum mendapatkan informasi, berapa banyak tamu VVIP yang akan datang ke Palembang,” ujarnya.

“Kita juga sudah minta kepada panitia ISG, untuk memberitahukan kepada atlet dan official kawasan-kawasan yang akan di sterilkan. Kita tidak ingin mereka terkejut, saat pengamanan dilakukan,” imbuhnya.

Dukung ISG

Sementara itu, sekitar 500 organisasi kepemudaan (OKP), organisasi masyarakat (ormas) dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang ada di Sumsel menyatakan siap mendukung dan mensukseskan pelaksanaan ISG.

Hal ini disampaikan mereka saat pembukaan Pemantauan dan Bimbingan Teknis Pendidikan Politik bagi ormas, LSM dan lembaga nirlaba di Hotel Swarna Dwipa, Palembang, kemarin.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sumsel, Ihkwanudin mengatakan sesuai Pemendagri Nomor 36 tahun 2010, pemerintah memfasilitasi aktivitas ormas, LSM dan OKP.

“Dari bimtek ini, kita harapkan mereka selain mengritisi kinerja dan program pemerintah juga bisa ikut mendukung dan mensukseskan program pemerintah,” ungkapnya.

Sumsel sambungnya, di September mendatang mempunyai dua agenda penting yakni pemungutan suara ulang (PSU) pemilukada Sumsel pada 4 September. Kemudian mulai 22 September sampai 1 Oktober, digelar ISG yang dipusatkan di Jakabaring Sport City (JSC). “Mereka kita minta, untuk ikut mensukseskan dua agenda itu dengan cara menjaga suasana Sumsel yang sudah kondusif saat ini,”tukasnya.

Teks : Dicky Wahyudi
Editor : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster