Perekaman e-KTP Belum Tembus 50 Persen

 171 total views,  2 views today

ektp

KAYUAGUNG-KS- Meski sudah ditetapkan batas waktu prekaman elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP), hingga akhir 2013 nanti, namun hingga saat ini masih banyak kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), belum mencapai target perekaman.

Dari 27.449 jiwa yang wajib e-KTP dan tersebar di 19 desa dalam kecamatan tersebut, saat ini baru sebanyak 11.350 jiwa yang melakukan perekaman. Artinya, jumlah tersebut belum mencapai 50 persen.

Camat Jejawi, Apriadi, Minggu (25/8) mengatakan, dirinya mengakui jika penduduk diwilayahnya belum melaksanakan perekaman e-KTP. Meski demikian, pihaknya akan  gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat jika ada warga yang belum membuat e-KTP.

“Ya, kami akan terus sosialisasikan agar masyarakat yang belum segera melakukan perekaman,” terangnya.

Menurtnya, untuk bisa menyelesaikan semua data tersebut, pihaknya menargetkan pada bulan Oktober ini, semua data e-KTP masyarakat di Kecamatan Jejawi sudah harus tuntas.

“Tanpa harus menunggu bulan Desember nanti. Insya Allah target kami bulan Oktober sudah selesai semua,” ujarnya.

Ia melanjutkan, penyebab utama belum tuntasnya perekaman e-KTP di wilayah kecamatan, yakni karena berbagai faktor, baik dari kesadaran masyarakatnya sendiri yang masih enggan dan malas untuk membuat e-KTP bahkan dari pihak terkait yang kurang menjemput bola.

“Untuk mewujudkan atau menyelesaikan program ini dengan cepat, saat ini kita terus gencar melakukan sosialisasi di setiap desa melalui kepala desa dan perangkatnya,” ucapnya.

Masih kata camat, selain faktor tersebut, juga terkendala pada tegangan listrik yang sering kali naik turun karena daya yang digunakan tidak stabil. “Komputer kita juga rusak sehingga pengiriman data masyarakat yang telah melakukan perekaman terhambat dikirim ke pusat.  Namun dari sekian kendala tersebut saat ini semua sudah kami atasi, sehingga kami kira tidak ada lagi kendala untuk melakukan perekaman tersebut,” ujarnya.

Teks : Emil Hidayat

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster