Disiplin Rendah, Pelayan Tidak Optimal

 248 total views,  2 views today

pns

PAGARALAM, KS—Rendahnya kedisiplinan pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot), Pagaralam khususnya yang mengembann jabatan dibidang pelayanan membuat pelayanan kepada masyarakat kurang optimal.

Hal tersebut diungkapan Sekretaris Daerah (Sekda), Kota Pagaralam Drs H Safrudin MSi, Minggu (25/8).

Menurutnya, jika program kerja yang dijalankan berawal dari kedisiplinan pegawai, tentunya pelayanan akan lebih optimal lagi. “Kita sudah berulangkali mengingatkan kepada seluruh PNS pada sejumlah Satuan Kerja (Satker) yang ada, namun tetap saja realisasi  disiplin kerja tergolong rendah,” kata dia.

Ia mengatakan, selain kedisiplinan diperlukan juga daya upaya pengawasan dari masing-masing pemimpin Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Karena sebagai pemimpin harus memberikan contoh yang baik bagi bawahannya.

“Rendahnya tingkat kesadaran  itu dapat terlihat saat PNS mengikuti apel pagi dan siang. Bahkan yang lebih parah lagi, ada pegawai yang sudah pulang kerumah pada saat jam kerja yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Bagi PNS yang tidak tidak masuk kerja, kata dia, harus memberikan pemberitahuan atau alasan yang tepat, sehingga hal itu dapat lebih dipertanggungjawabkan  demi mewujudkan kualitas kerja PNS terhadap tugas pokok dan fungsi (Tupoksi), di tempat bekerja.

“Mayoritas pegawai tak bisa membedahkan mana prioritas kerja dan tanggungjawab,  baik pada penyelesaian administrasi maupun mengindahkan tugas, sehingga terkesan bekerja asal-asalan saja,” katanya.

Ia menambahkan, jika hal itu tetap saja berlanjut, bukan tidak mungkin dapat m lebih buruk lagi. Sebab itu, pihaknya akan melakukan evaluasi demi meningkatnya disiplin kerja maupun penguasaan administrasi kantor, penguasaan teknologi dalam mendukung progam yang berjalan.

“Semua ini kita lakukan bukan berarti mendiskreditkan pegawai, tetapi lebih mengarah kepada  pada perbaikan-perbaikan kedepan. Termasuk momentum intropeksi diri bersama  dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang baik dengan melibatkan adanya partisipasi masyarakat melalui berbagai pengawasan,” tegasnya.

Sejauh ini, lanjutnya, pihaknya telah memberikan sanksi kepada sejumlah PNS yang tidak disiplin bahkan sangat berpengaruh pada Tunjangan Kerja Daerah (TKD) yang di terima.

Teks : Antoni Stefen

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster