Surat Suara Rusak Bakal Diganti

 224 total views,  2 views today

PALEMBANG, KS-Surat suara untuk pemungutan suara ulang (PSU) pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) Sumatera Selatan (Sumsel), saat ini masih di sortir oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten dan kota yang menggelar PSU.

Dari hasil sortir sementara, ditemukan sejumlah surat suara yang rusak baik itu berlubang, sobek, foto pasangan calon dan tulisan yang kurang terang dan kotor. KPU Sumsel, memastikan surat suara yang rusak itu akan diganti.

Namun berapa banyak surat suara yang akan diganti menurut komisioner KPU Sumsel Divisi Sosialisasi, Ong Barlian, belum bisa dipastikan. Karena saat ini, masih dilakukan inventarisir surat suara rusak hasil pensortiran ulang yang dilakukan KPU kabupaten/kota.

“Kita minta, jika memang ditemukan surat suara yang rusak, bolong atau kabur laporkan segera ke KPU Sumsel untuk diganti,” kata Ong ketika dibincangi di ruang kerjanya, Jumat (23/8).

Namun jelas Ong, sampai saat ini belum ada laporan tertulis dari KPU kabupaten/kota tentang suarat suara yang rusak. Namun dari komunikasi KPU Sumsel dengan KPU kabupaten dan kota yang menggelar PSU, diketahui ada surat suara yang rusak. “Kita minta mereka buat berita acara, prosesnya akan kita ganti dengan melaporkan ke percetakan dan segera dikirim melalui pesawat,” sebutnya.

Menurut Ong, masih ada waktu kurang lebih sebelas hari untuk mencukupi kekurangan dan tak akan menghambat proses pendistribusian logistik ke tempat pemungutan suara (TPS) nanti. Sementara formulir, C1 dan A2 plano dicetak terpisah di di Semarang dan dalam dua hari kedepan akan tiba dan langsung bisa didistribusikan. “Target kita H-1 sudah tiba di TPS, begitu juga undangan atau formulir C6,” ujarnya.

Sebelumnya Ketua KPU Kota Palembang, Eftiyani menyebut hasil sortir surat suara sementara ditemukan ada surat suara yang rusak. “Ada surat suara yang kita temukan rusak, karena gambar hasil cetakannya yang kabur. Kemudia, surat suara ada yang bolongan kecil, warna nya pudar, kotor dan sobek,” jelas Eftiyani.

Berapa banyak surat suara yang rusak ?, Eftiyani belum bisa memastikan. Alasannya, proses sortir masih dilakukan. Proses sortir sendiri jelasnya, dilakukan selama  tiga hari tiga malam.

Untuk menyortir surat suara ini, KPU sebut  Eftiyani, mengerahkan 20 orang. “Nanti, kita tambah personilnya, kita berharap pada 25 Agustus nanti sortir surat suara itu sudah selesai,” ucapnya.

Hal yang sama dikatakan Ketua Pantia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Palembang, Amrullah. Menurutnya, hasil sortir surat suara yang dilakukan oleh KPU dalam dua hari terakhir ditemukan ada surat suara yang rusak.

“Untuk sementara, hasil pengawsan kami ada 669 suarat suara yang rusak. Temuan ini, akan kita laporkan ke badan pengawas pemilu (Bawaslu) Sumsel untuk dikoordinasikan dengan KPU Sumsel,” tukasnya.

Teks    : Dicky Wahyudi

Editor : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster