Puluhan Bus Transmusi Rusak

 284 total views,  2 views today

trans-musi

Ilst. Trans Musi | Dok KS

PALEMBANG, KS-Sebanyak 24 unit bus transmusi saat ini tidak bisa beroperasional. Hal ini dikarenakan bus-bus itu mengalami kerusakan yang cukup parah, sehingga saat ini hanya terparkir di pool di terminal Alang-alang Lebar (AAL).

Teknisi Transmusi, Jhonson mengatakan, kerusakan sudah terjadi sejak enam bulan lalu. Sebelumnya dari total 96 unit bus yang beroperasional, ada 32 unit bus yang rusak. Namun saat ini, sudah ada delapan unit bus yang diperbaiki, sehingga saat ini tinggal 24 unit bus transmusi yang rusak.

“Kerusakan bervariasi, ada kerusakan AC, mesin dan lain-lain. Kebanyakan kami terkendala suku cadang, sehingga agak lamban untuk memperbaikinya. Khususnya, bus Hyundai yang cukup sulit mencari suku cadangnya.  Tapi sekarang sudah ada beberapa tempat untuk mendapatkan suku cadangnya. Mudah-mudahan, bisa segera diperbaiki,”katanya.

Akibat adanya kerusakan ini, lanjut Jhonson, cukup mengganggu operasional transmusi.  “Kita harus mengatur, karena dari 96 unit ada 24 unit yang rusak, jadi tinggal 72 unit yang operasional,”ungkapnya.

Untuk bus baru sendiri, Jhonson menambahkan dari total 30 unit bus saat ini baru ada 20 unit yang sudah siap di pool. Sedangkan 10 unit bus lagi, saat ini belum tiba ke Palembang.  “Kita masih mengurus kelengkapan surat-suratnya. Mudah-mudahan, akhir September sudah bisa operasional,”ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Manager Transmusi, Aries Rahmansyah. Ia menyebut, saat ini sudah ada 20 unit armada baru ukuran besar merek Mercedes Benz yang datang. Bus baru ini, datang sejak Juli lalu secara bertahap.

“Sekarang tengah dilakukan pengurusan surat-surat kelengkapan operasional di kantor Samsat Polda Sumsel. Sementara menunggu diurus perlengkapan surat jalan dan izin operasionalnya, bus ini ditempatkan di pool Transmusi di KM 14,”jelas Aries.

Sementara sisanya 10 unit bus kecil merek Hyno, saat ini masih dalam pengerjaan bodi kareoseri di Tangerang dan akhir Agustus rencananya semua unit tersedia. “Mungkin operasional bus Transmusi ini, tidak serentak. Bus besar lebih dahulu datang dan bakal dioperasionalkan lebih dahulu pada awal September, namun secara keseluruhan akhir September semua unit siap melayani modal transportasi massal warga Palembang,”ucapnya.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster