PALI Butuh Pembangunan Rumah Sakit Baru

 292 total views,  2 views today

RS-PALI

Dr. Hj. Eni Zatilah MKes, Kepala Dinas Kesehatan Kab PALI

PALI | KS-Sebagai kabupaten baru, PALI membutuhkan rumah sakit yang lebih representatif.

Saat ini, RS PALI hanya memiliki kapasitas 56 tempat tidur. Belum ada kata layak dalam melayani warga, apalagii lokasinya berada ditengah pemukimam warga, tidak memungkinkan untuk dikembangkan lagi.

Kadinkes PALI, dr Eny Zatilah MKes kepada Kabar Sumatera, Jumat (22/8), mengungkapkan sebagai ibukota kabupaten, sudah selayaknya PALI memiliki rumah sakit tipe C dengan kapasitas 100 tempat tidur. “PALI sendiri saat ini memiliki satu rumah sakit tipe D dan satu puskesmas rawat inap,” ucapnya.

Sebetulnya, lanjut Eny, Gubernur Sumatera Selatan pernah menjanjikan akan membangun Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Talang Ubi. Namun rumah sakit tersebut kapasitas dan kemampuannya masih dibawah RSUD tipe D.

“RS Pratama ini sebenarnya rumah sakit paling sederhana tidak ada bedanya dengan puskesmas rawat inap. Tapi dilengkapi laboratorium yang lebih lengkap dan ruang rontgen,” ujar Eni yang juga mantan direktur RSUD Talang Ubi ini.

Namun demikian, niat baik gubernur ini disambut positif oleh Pemkab PALI. Bupati Ir H Heri Amalindo menyatakan pihaknya sangat berterima kasih atas tawaran dari Gubernur tersebut. “Kalau bisa jangan cuma satu, setiap kecamatan kalau bisa punya rumah sakit, ” tutur Heri.

Sementara iyu, anggota Komisi 5 DPRD ProvinsiSumsel, Rizal Kenedy sangat mendukung upaya Pemkab PALI untuk membangun rumah sakit ini. “Kita sudah berkoordinasi dengan Dinkes Provinsi, sangat memungkinkan dibangunnya rumah sakit besar di Kabupaten PALI ini, ” ungkap Rizal yang juga putra daerah PALI.

Teks/Foto : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Adbillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster