APBD Kota Palembang Ditargetkan Naik Dua Kali Lipat

 206 total views,  2 views today

apbd

PALEMBANG, KS-Wali Kota Palembang, Romi Herton menargetkan tahun depan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Palembang naik dua kali lipat dari tahun ini yakni Rp2,1 trilyun.

Menurutnya, tingginya target yang dipasang tersebut agar pembangunan Palembang bisa lebih pesat lagi dan lebih mendunia. “Terget kami APBD naik hingga Rp 3,5 trilyun sampai Rp4 trilyun di 2014.  Kami yakin bisa tercapai, karena masih banyak sektor yang perlu dibanahi,”kata Romi yang dibincangi, kemarin.

Romi mengatakan, masih minimnya APBD Palembang membuat pemerintah kota (pemkot) berhati-hati mengalokasikan dan melakukan pembangunan. Apalagi saat ini, lebih dari separuh APBD Palembang digunakan untuk belanja tidak langsung khususnya membayar gaji pegawai dan alokasi pendidikan.

Sementara sektor pembangunan lainnya jelas Romi, masih harus berbagi sisa dana yang ada sehingga tidak semua target pembangunan bisa direalisasikan dengan cepat.  “Sektor pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, kesehatan dan kesejahteraan masih menjadi fokus kami saat ini,”ucapnya.

Untuk meningkatkan APBD sambungnya, pemkot akan mengenjot sektor pariwisata. Palembang dengan keindahan Sungai Musi, harus bisa menghasilkan pundi pemasukan bagi APBD. Potensi wisata di kota empek-empek ini menurutnya, sangat besar dengan segala keindahan dan kelengkapan yang ada.

“Hanya saja potensi wisata Palembang saat ini, memang perlu ditingkatkan lagi untuk menarik minat wisatawan lokal dan mencanegara berkunjung,”ujarnya

Romi menambahkan lagi, nantinya objek wisata sungai Musi bakal ditata dengan dibangunnya pusat kuliner sekelas hotel bintang lima di seberang ilir dan ulu Sungai Musi.

“Kami Bercita-cita ingin menyetarakan Palembang dengan kota-kota wisata di luar seperti halnya Thailand, Singapura dan Malaysia. Sektor wisata, sangat menggiurkan dan mendatangkan perputaran ekonomi besar. Jika sektor wisata berjalan lancar, maka dampak ekomoninya bisa dirasakan masyarakat secara langsung,” ungkapnya.

“Hotel, penginapan, pusat kuliner dan kerajinan bakal berkembang dan jelas bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat,”sambungnya.

Potensi wisata lainnya yang bakal dikembangkan pemkot yakni wisata di Pulau Kemaro. Pulau Kemaro jelas Romi, bukan hanya akan difungsikan menjadi objek wisata religi tapi juga bisa menjadi pusat wisata hiburan. Rencananya Pulau Kemarao, bakal dibagun resort dan pusat hiburan permaianan air seperti jet ski dan sejenisnya.

“Sektor wisata dan sektor penyumbang APBD lainnya, bakal kita maksimalkan agar tercapai peningkatakan APBD dua kali lipat demi percepatan dan terget pembangunan,”tukasnya.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster