Angsuran Mayoritas Rp800 Ribu Perbulan

 173 total views,  2 views today

foto-hllllllllllll

Aktivitas di Lokasi pameran KPR

PALEMBANG, KS-Puluhan pengembang perumahan di Sumatera Selatan (Sumsel), berpartisipasi dalam pameran perumahan rakyat yang digelar Badan Layanan Umum Pusat Pembiayaan Perumahan (BLU-PPP) Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, Jumat (23/8) di Palembang Squere (PS) mall.

Pantauan Kabar Sumatera, pengembang menawarkan rumah sangat sederhana (RSS) dan RSS plus tipe 36.  Itu karena, segmen perumahan yang ditawarkan memang untuk masyarakat dengan berpenghasilan Rp3,5 juta perbulan.

Pameran  tersebut ‘diserbu’ oleh masyarakat.  Pengunjung tak jarang, langsung meminta informasi spesifikasi rumah dan kredit pemilikan rumah (KPR) yang diberikan.

Wahyu (29), salah satu pengunjung yang dibincangi Kabar Sumatera mengaku, pameran tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk mengetahui kredit kepemilikan rumah.

“Tapi, setelah saya berkeliling memutari stan-stan tersebut, biaya angsuran perbulannya tidak ada lagi dibawah Rp 800 ribu. Padahal katanya, Kempera memberikan subsidi, sehingga angsurannya hanya Rp600 ribu perbulan dengan masa kredit 20 tahun,” ungkapnya.

Menurut Wahyu, seharusnya pemerintah bisa mempasilitasi kredit yang lebih murah lagi. Karena dari harga cash rumah dengan tipe 36 seharga Rp88 juta dengan angsuran mulai dari 5 tahun, 10 tahun, 15 dan 20 tahun. “Kalau bisa lebih murah lagi, janganlah terlalu tinggi,”harapnya.

Sementara itu,  Deputi Bidang Pembiayaan, Kemenpera, Sri Hartoyo berharap, pameran tersebut bisa memberikan informasi dan kemudian bagi masyarakat untuk mendapatkan rumah.

“Kemenpera akan memberikan subsidi, untuk kredit kepemilikan rumah di bank-bank yang sudah bekerjasama dengan Kemenpera.  Ini dilakukan, untuk mempermudah kepemilikan rumah apalagi kekurangan rumah di Indonesia semakin besar,” jelas Sri.

Subsidi dan kemudahan yang diberikan itu bebernya, adalah untuk kepemilikan rumah dengan harga maksimal Rp88 juta perunit. “Kemenpera akan memfasilitasinya, sehingga mempermudah masyarakat untuk memiliki rumah. Kemudahan itu diantaranya konsumen tidak perlu lagi membayar ansuransi jiwa dan asuransi kebakaran, bebas dari pajak PPN, suku bunga 7,25 persen, angsuran perbulan Rp600 ribu dengan masa kredit 20 tahun,” ucapnya.

Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang, Harnojoyo menyebut, kebutuhan rumah di metropolis semakin besar seiring dengan semakin berkembangnya Kota Palembang.

“Kami berharap dengan adanya pameran seperti ini, menjadi salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan perumahan bagi masyarakat.  Mereka bisa melihat sendiri, perumahan yang dibutuhkan,” kata Harnojoyo.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster