Jangan Ada Black Campaign

 173 total views,  4 views today

suara

LAHAT, KS-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Lahat menghimbau kepada semua calon anggota legislatif (caleg) yang bakal berlaga di pemilihan umum legislatif (pileg) 2014 mendatang di Lahat, tidak melakukan black campaign (kampanye hitam).

Sebab menurut Ketua Panwaslu Lahat, Dely K, black campaign akan sangat merugikan caleg lainnya dan bukanlah cara sehat dalam berdemokrasi. “Namun sampai saat ini, kita belum menemukan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh caleg terutama kampanye hitam. Kita berharap ini, akan terus bertahan sampai selesainya pileg mendatang,” kata  Dely ketika dibincangi, Kamis (22/8) di ruang kerjanya.

Memang jelas Dely, saat ini marak spanduk dan baleho yang dipasang oleh caleg. Umumnya spanduk dan baleho itu, berisikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri, kemarin.  Tetapi menurut Dely, itu bukan termasuk pelanggaran yang berat pasalnya baliho tersebut hanya mengenalkan diri caleg tersebut kepada masyarakat.

Dilanjutkannya, sejauh mereka mensosialisasikan diri untuk mencalonkan diri sebagai anggota DPRD itu sah-sah saja. Asalkan jangan sampai ada yang langsung mengajak masyarakat, agar mencoblos dirinya pada pileg nantinya.

“Apabila ada kecurangan yang dilakukan oleh salah satu caleg, baik black campaing ataupun money politik langsung lapor kepada kami. Sehingga kami secepatnya dapat memprosesnya, sebab jangka waktu yang ditentukan oleh Undang-Undang (UU) adalah 14 hari setelah kejadian dengan menyerahkan bukti-bukti yang kuat,” ucapnya.

Dilanjutkannya, apabila pelanggaran tersebut ditemukan oleh anggota panwaslu sendiri berarti itu seketika dilihat dan prosesnyapun cepat, apabila dapat diselesaikan oleh paswascam tidak lagi dibawa ke panwaslu.

Kalaupun panwascam keberatan, baru diproses di panwaslu kabupaten, apabila bukti sudah kuat maka caleg bisa dibatalkan dan berhadapan dengan hukum yang berlaku. “Dengan demikian, kami menghimbau semua masyarakat untuk bekerjasama . Jika menemukan adanya pelanggaran, segera laporkan ke kami,” himbaunya.

Teks    : Jumra Zefri

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster