DPRD Sumsel Dukung Realisasi Jembatan Payuputat

 481 total views,  2 views today

DPRD

enam anggota dewan, Abadi B Darmo, Ahmad Yani, Saifurrahman, Arwani Deny, Giri Ramanda Kiemas dan Rizal Kenedi.

PALI | KS-Keinginan Bupati Pali Ir H Heri Amalindo untuk merealisasikan jembatan Payuputat mendapat dukungan penuh anggota DPRD Sumsel asal Daerah Pemilihan (Dapil), VI.

Jembatan yang menghubungkan Kabupaten Pali dan Kota Prabumulih yang melintasi Sungai Lematang itu diharapkan dapat mengembangkan perekonomian kedua daerah itu.

Keinginan Heri itu disampaikan saat pertemuan dengan enam dari delapan anggota DPRD Sumsel asal pemilihan Muara Enim, Prabumulih dan Pali yang melakukan reses di Kab PALI, Rabu (21/8) malam.

Keenam anggota dewan itu yaitu Abadi B Darmo, Ahmad Yani, Saifurrahman, Arwani Deny, Giri Ramanda Kiemas dan Rizal Kenedi.

Dalam pertemuan yang digelar di Wisma Mayang Komplek Pertamina Pendopo itu Heri berharap DPRD Sumsel dapat menyetujui pembangunan jembatan Payuputat dalam APBD Sumsel 2014.

Menurut Heri jembatan itu sangat penting. Jarak Pendopo-Prabumulih yang biasanya ditempuh dalam dua jam bisa dipangkas menjadi satu jam. “Selama ini jarak ke Prabumulih itu tidak kurang 65 km, dengan adanya jembatan itu jarak Pendopo-Prabumulih tinggal 30km saja. Disamping itu, pembangunan jembatan ini bisa lebih menghidupkan perekonomian warga PALI dan Prabumulih, khususnya warga Tanah Abang,” harapnya.

Dalam pertemuan tersebut, Heri juga menguraikan beberapa program yang akan dilaksanakan pada 2014 nanti. Program-program tersebut, menurut Heri bisa terlaksana apabila didukung penuh legislator di DPRD Sumsel.

Program tersebut diantaranya peningkatan status jalan Talang Ojan-Tanjung Baru dari jalan kabupaten menjadi jalan propinsi. Jalan yang yang hanya berjarak 18kilo meter itu merupakan salah satu akses dari Talang Ubi menuju empat kecamatan lainnya sekaligus menuju ibukota Kab MUBA Sekayu.

“Selama ini,  warga Kecamatan Penukal dan Penukal Utara berbelanja ke Sekayu dan Prabumulih.  Tapi saat musim hujan warga justru berbelanja ke Sekayu atau Prabumulih, karena jalan itu belum bisa dilalui. Kalau memakai dana APBD kabupaten, jelas tidak bisa sebab APBD kami belum memadai. Karena itu, bantuan APBD propinsi sangat kami harapkan,” urai Heri.

Ketua rombongan dewan,  Abadi B Darmo mendukung penuh keinginan masyarakat PALI ini. Menurut Abadi, pihaknya sangat menghargai keinginan pemkab PALI yang serius mengelola pembangunan didaerahnya itu.

“Sebenarnya kedatangan kami ini ingin menyerap apa saja yang dapat kami lakukan bagi daerah pemilihan kami. Selama ini kami fokus di kab Muara Enim dan Prabumulih. Namun sekarang sudah ada PALI dan kami komitmen untuk mendukung program di Kab PALI ini. Kami berjanji, dana aspirasi yang kami miliki akan diprioritaskan ke kab PALI” jawab Abadi yang juga politisi Partai Golkar ini.

Dukungan serupa juga disampaikan oleh legislator asal Partai Demokrat Ahmad Yani. Menurut Yani yang juga anggota Komisi IV membidangi pembangunan ini, pihaknya sepakat dengan apa yang diinginkan Heri. “Selama ini kami selalu mendukung pembangunan infrastruktur di Kab PALI. Mulai dari peningkatan jalan Simpang Belimbing-Sekayu sampai yang baru-baru ini pembangunan jembatan Kartadewa, kita support semua. Kalau sekarang bupati berkeinginan membangun jembatan Payuputat dan Jalan Talang Ojan, tentunya akan kita dukung juga,” tegas Yani.

Teks/Foto : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster