Ditemukan Ada Surat Suara Rusak

 281 total views,  2 views today

surat-suara

Ilst. Surat Suara

PALEMBANG, KS-Surat suara untuk pemungutan suara ulang (PSU) pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) Sumatera Selatan (Sumsel), 4 September mendatang sejak Rabu (2/8) sudah diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang.

Kemarin (22/8), KPU Kota Palembang mulai melakukan sortir surat suara tersebut. Hasilnya untuk sementara, ditemukan ada surat suara yang rusak. “Ada surat suara yang kita temukan rusak, karena gambar hasil cetakannya yang kabur. Kemudia, surat suara ada yang bolongan kecil, warna nya pudar, kotor dan sobek,” jelas Ketua KPU Palembang, Eftiyani ketika dibincangi, kemarin di ruang kerjanya.

Berapa banyak surat suara yang rusak ?, Eftiyani belum bisa memastikan. Alasannya, proses sortir masih dilakukan. Proses sortir sendiri jelasnya, dilakukan selama  tiga hari tiga malam.

Untuk menyortir surat suara ini, KPU sebut  Eftiyani, mengerahkan 20 orang. “Nanti, kita tambah personilnya, kita berharap pada 25 Agustus nanti sortir surat suara itu sudah selesai,” ucapnya.

Sebelumnya, komisioner KPU Sumsel Divisi Logistik, Kelly Mariana menyebut, surat suara untuk PSU, sudah dikirim langsung oleh PT Peruri Wira Timur Surabaya, sebagai percetakan yang ditunjuk untuk mencetak surat suara tersebut.

“Kemarin, surat suara tersebut sudah tiba di kabupaten dan kota yang mengelar PSU. Sehingga mereka, sudah mulai bisa melakukan penyortiran surat suara, apakah ada yang rusak,” kata Kelly.

Ia menyebut, surat suara itu diangkut dengan menggunakan truk dari Surabaya yakni satu truk tujuan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, OKU Selatan dan OKU yang memuat sejumlah 772.753 lembar surat suara di dalam 130 box.

Kemudian satu truk lagi dengan tujuan Prabumulih dan Palembang yang memuat 1.296.910 lembar surat suara di dalam 217 box. Nantinya setelah disortir dan semua logistik siap, barulahKPU kabupaten dan kota jelas Kelly, akan mendistribusikannya ke panitia pemilihan kecamatan (PPK). “Distribusi itu, kemungkinan akan dilakukan di akhir Agustus ini,” tukasnya.

Sebagai informasi, PSU tersebut digelar atas perintah Mahkamah Konstitusi (MK). MK memerintahkan KPU Sumsel, untuk menggelar PSU di Palembang, Prabumulih, OKU, OKU Timur dan seluruh TPS di Kecamatan Warkuk Ranau Selatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

PSU ini, di ikuti semua pasangan calon gubernur (cagub)-calon wakil gubernur (cawagub) Sumsel yakni pasangan nomor urut 1, Eddy Santana Putra -Hj Anisja D Supriyanto, nomor urut 2 Iskandar Hasan-Hafisz Tohir, nomor urut 3 Herman Deru-Maphilinda Boer dan nomor 4 Alex Noerdin-Ishak Mekki.

Teks : Dicky Wahyudi

Editor : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster