Rusunawa di Panca Usaha, Tahun Depan Mulai Dibangun

 313 total views,  2 views today

rusunawa

Ilst. Rusunawa

PALEMBANG, KS-Setelah rumah susun sewa (rusunawa) di Jalan Kasnariansyah, satu lagi rusunawa bakal dibangun Pemerintah Kota (pemkot) Palembang melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya (CK). Kalu ini rusunawa itgu, akan dibangun di kawasan Panca Usaha, Kertapati, Palembang.

Rusunawa ini menurut Kepala Dinas PU CK Kota Palembang, Ana Haryana, diperuntukkan bagi masyakat berpenghasilan rendah (MBR) sesuai dengan intruksi Wali Kota Palembang, Romi Herton.

“Tujuannya, agar masyarakat di Palembang memiliki rumah layak huni dan terciptanya lingkungan yang sehat dan bersih. Ini juga sebagai bentuk antisipasi, terhadap banyaknya masyarakat yang melakukan urbanisasi ke Kota Palembang,” kata  Ana yang dibincangi di ruang kerjanya, Rabu (21/8).

Sementara itu kepala bidang (kabid) perumahan rakyat, Dinas PU CK,  Andika menambahkan  dana untuk membangun rusunawa itu berasal dari bantuan pemerintah pusat sementara lahannya milik pemkot. PU CK Kota Palembang jelasnya, sudah melakukan pemetaan lahan yang luasnya satu hektar untuk pembangunan rusunawa itu.

Rusunawa ini menurut Andika, akan terdiri satu tower dengan lima lantai dan 99 unit. Agustus ini, sudah dilakukan tender. Sehingga, tahun depan di targetkan sudah terealisasi pembangunannya.   “Rusunawa ini sifatnya sewa, namun kita belum bisa memastikan berapa harga sewanya pertahun,” ungkapnya.

Sementara untuk pengelolaannya kata Andika, akan diserahkan kepada PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J), yang merupakan badan usaha milik daerah (BUMD). “Kalau nantinya sudah di bangun, kita akan sosialisasikan ke warga, termasuk berapa harga sewanya,” ucapnya.

Ditanya soal berapa dana yang di anggarkan, Andika menyebutkan dana tersebut dari pemerintah pusat tetapi masih menunggu laporan terakhir dari pihak PU Cipta Karya Kota Palembang, berapa dana yang dibutuhkan.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster