Musi IV dan VI Mendesak Dibangun

 192 total views,  2 views today

musi-2

Ilst. Pembangunan Duplikat Jembatan Musi II

 

PALEMBANG, KS-Keberadaan jembatan baru di dalam kota, sebagai penghubung kawasan seberang ilir dan seberang ulu dinilai mendesak. Sebab kondisi Jembatan Ampera saat ini kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kota Metropolitan Palembang Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) III, Ahmad Taruna Jaya, sudah tua dan memiliki beban kendaraan tinggi.

Sementara, Jembatan Musi II dan duplikasinya berada di lingkar barat sehingga hanya dilalui kendaraan di pinggiran kota. Adanya jembatan baru di Palembang itu sebutnya, juga akan mengurai kemacetan.

“Karenanya usulan Pemerintah Kota (pemkot) Palembang, untuk dibangun Jembatan Musi IV dan VI ke pemerintah pusat suatu yang positif. Sementara Musi III sekarang masih mengalami kendala, karena ada dua opsi panjang jembatan. Ada yang menyebutkan 50 meter ada juga 75 meter, sehingga dana yang dibutuhkan lebih tinggi mencapai Rp10 triliun,”kata Taruna yang dibincangi, Rabu (21/8).

Taruna menyebut, dana yang dibutuhkan untuk membangun dua jembatan itu tidak terlalu besar. Sebab lokasi dua jembatan ini, tidak dilewati kapal besar karena berada sebelum Pelabuhan Boom Baru.

Ia memprakirakan, dana yang dibutuhkan untuk satu jembatan berkisar Rp300 miliar. Rencananya, Musi IV akan dianggarkan melalui anggaran pendapatan dan belanja nasional (APBN). Sedangkan Musi VI, dianggarkan melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Sumatera Selatan (Sumsel).

“Titik lokasi jembatan, masih studi kelayakan. Untuk sementara Musi IV berada di seputaran kantor PU Bina Marga (BM) Kota Palembang, sedangkan Musi VI di Jl Sultan Mansur, Makrayu dan tembus di Jalan Demang Lebar Daun,”bebernya.

Untuk konstruksinya ia memprakirakan, hanya setinggi berkisar 15 meter dari permukaan air pasang. Jembatan itu akan dibangun, dengan konstruksi beton.

“Kalau pengalokasian dananya sudah, tinggal menunggu lahan saja.  Kalau sudah siap, pertengahan tahun depan sudah mulai pengerjaan. Biasanya, pembangunan jembatan dikerjakan selama dua tahun,”tukasnya.

Teks : Alam Trie Putra

Editor : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster