Kolam Retensi Dijadikan Ajang Maksiat

 326 total views,  2 views today

maksiat

Lahat|KS-Kolam retensi Kabupaten Lahat yang berada di belakang Gedung Kesenian Kabupaten lahat disalahgunakan oleh para remaja Kota Seganti Setungguan. Pasalnya, saat ini area kolam retensi dijadikan tempat untuk memadu kasih dan mabuk-mabukan.

Pantauan dilapangan, kolam yang belum selesai pembangunannya ini, selalu dijadikan tempat nongkrong para remaja sejak pukul 19.00 WIB hingga dini hari.

Para remaja memanfaatkan tempat tersebut untuk berkumpul dan diduga melakukan perbuatan yang negatif. Hingga saat ini, belum ada pihak terkait untuk menertibkan area tersebut dari segala bentuk yang diduga berbau maksiat.

Bupati Lahat H.saifudin aswari Riva’i,SE melalui Kepala Bagian Humas dan Protokol Fauzan,S.Stp,m.Si mengatakan, pihaknya mengakui jika saat ini area kolam retensi dijadikan oleh remaja baik putra maupun putri sebagai tempat nongkrong dan minum-minuman keras yang dilarang oleh agama

“Kolam retensi yang sekarang banyak disalahgunakan, jadi fungsi awal kolam retensi sebagai sarana hiburan keluarga dan masyarakat ditengah-tengah kota, akan tetapi sekarang dalam perjalannan pembangunan kolam retensi yang belum selesai sehingga pada malam hari banyak disalah gunakan oleh para anak muda,” katanya.

Dilanjutkannya, kedepan instansi terkait dalam hal ini Sat Pol PP dan kepolisian serta kodim yang berada didekat kolam tersebut untuk rutin melakukan razia ataupun menegur secara langsung kepada para remaja yang berkumpul disekitar kolam retensi.

”Harapan kita, sebagai pemerintah daerah fungsi kolam retensi dapat berjalan sesuai dengan fungsional semula,” beber Fauzan.

Sementara itu, Komandan Komando Distrik Militer (Dandim)  0405 Lahat Letkol.INF. Tri Haksono mengatakan, pihaknya telah menghimbau agar anak-anak muda yang selalu sering berkumpul di kolam retensi agar jangan terlalu. Apabila kedapatan pada malam hari, maka para pemuda akan diusir.

“Untuk penerangan memang kurang, dan kolam tersebut mamang masih dalam proses. Kedepannya bupati akan mencari investor untuk membenahi kolam retensi dan dijadikan tempat salah satu kuliner di Kabupaten Lahat,” kata Tri.

Dilanjutkannya, kedepan semuanya ini akan ditindaklanjuti oleh pihak Dandim sampai ke pihak kepolisian untuk menangkapi para anak muda yang sering berkumpul sampai tengah malam.

“Kami selalu berkeliling. Apabila melihat anak muda kumpul, apalagi minum-minuman keras langsung saja lapor ke anggota kita yang piket,” tuturnya.

Kasat Pol-PP Lahat Amirudin,SE mengatakan pihaknya telah melakukan peneguran secara langsung kepada pemuda yang sering berkumpul diseputaran kolam tersebut. “Sudah beberapa kali saya turun langsung kelapangan untuk mengkroscek, akan tetapi semuanya itu hanya sia-sia, malam ini pemuda nurut, tapi malam besok masih saja nongkrong walaupun sudah diperingatkan,” ungkapnya kepada KS.

Teks / Foto : Jumra Zefri

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster