Keringanan Pembayaran Pajak, Pemkot Tolak PT Pusri

 254 total views,  2 views today

pusrio

Ilstt PT Pusri

PALEMBANG, KS-Pemerintah Kota (pemkot) Palembang, menolak permohonan yang diajukan PT Pupuk Sriwijaya (Pusri), untuk diberikan keringanan dalam pembayaran pajak izin mendirikan bangunan (IMB).

Permohonan keringan pajak ini disampaikan PT Pusri, untuk pembangunan pabrik pupuk Pusri B2 di Kecamatan Kalidoni.  Ditolaknya permohonan keringanan yang diajukan PT Pusri itu menurut Asisten III Pemkot Palembang, HM Amir Hamzah, karena pabrik itu bukan untuk kepentingan sosial tetapi untuk kepentingan komersil.

“Pajak IMB yang harus dibayarkan PT Pusri, untuk pembangunan pabrik Pusri B2 sebesar Rp4,6 miliar. Mereka meminta keringanan Rp2 miliar,  namun kita tidak mengabulkan karena pabrik tersebut didirikan untuk kepentingan komersil atau bisnis,” kata Amir yang dibincangi usai rapat pembahasan pengajuan keringanan pajak IMB yang diajukan PT Pusri, Rabu (21/8) di Balai Kota.

Walau tidak mengurangi nilai pajak yang harus dibayarkan, tetapi pemkot sebutnya tetap memberikan keringanan. Keringanan yang dimaksud, adalah pembayaran pajak itu bisa dilakukan secara bertahap selama enam tahun.

Tetapi jelas Amir, disetujui atau tidaknya keringan itu ada ditangan wali kota. “Ini akan kita sampaikan ke wali kota lebih dahulu, wali kota lah nanti yang akan memutuskannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris PT Pusri Palembang, M Zain Ismed mengatakan, pengajuan keringanan IMB sebesar Rp 2 miliar oleh pihaknya akan dikaji ulang dengan pihak pemegang proyek termasuk pemkot sebagai pemilik izin.

“Kami belum menerima secara resmi, keputusan besaran harga IMB yang ditentukan pemkot. Sementara ini, kita akan intensifkan koordinasi dengan pemkot,”tukasnya.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster