Cabor Sepakbola ISG Diikuti 12 Negara

 277 total views,  2 views today

gsj

Stadion GSJ Palembang

PALEMBANG | KS-Cabang Olahraga (Cabor) Sepakbola Islamic Solidarity Games (ISG) III, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), dipastikan bakal diikuti 12 peserta.

Kepala Deputi 1 yang membidangi 6 Divisi multi even ISG III, DJoko Pramono mengatakan ada 12 negara yang akan mengikuti cabang olahraga sepak bola yang akan dilaksanakan pada 16 September mendatang.

“Setelah melewati beberapa tahapan rapat, peserta yang ikut tanding dicabor sepakbola sebanyak 12 negara dan diperkirakan akan final pada 29 September,” kata Djoko di Ball Room Hotel Aryaduta Palembang, Rabu (21/8) kemarin.

Diterangkannya, sebelum dialihkan di Palembang, dalam kesepakatan memang cabor sepakbola sebanyak 12 kuota. Setelah dialihkan ke Palembang sebagai tuan rumah, dipersempit menjadi 10. Chef De Mission (CDM) perwakilan dari negara peserta pun meminta agar tetap dijadikan 12 kuota.

“Dulu sepakbola kuotanya 12 negara boleh ikut. Tapi karena pindah ke Palembang, stadionnya ada dua (Stadion Bumi Sriwijaya dan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring), jadi diturunkan kuotanya menjadi 10. Beda dengan di Riau ada tiga stadion. Tapi sekarang CDM sudah meminta peserta dikembalikan menjadi 12 negara lagi. Mengingat ada negara negara yang semangat ingin ikut. Berdasarkan perundingan akhirnya kita sepakat,” terangnya.

Seperti layaknya sepakbola, cabor bola basket juga demikian. Dipastikan ada sembilan negara peserta yang akan mengikuti pertandingan cabor tersebut.

“Menentukan jumlah negara yang akan diikutkan pun melalui rapat. Mungkin terjadi keributan karena mau masuk pertandingan, tapi dibatasi. Seperti basket yang tempatnya hanya satu dan sudah dimulai pada Sabtu (14/8),” ungkapnya.

Ada 31 negara yang sudah online memastikan diri dan sudah konfirmasi untuk menjadi peserta di ISG, di antaranya Mesir, Suriah, Irak dan lain sebagainya. Sementara ada tujuh lagi yang secara offline atau hanya mengatakan ingin kirim cabang olahraga tertentu.

“Saat ini total jumlah keseluruhan ada 1743 atlet, 589 offisial dan total 2332 yang berpartisipasi dalam ISG. Kita masih buka sampai dengan 31 Agustus untuk negara yang ingin konfirmasi. Sebenarnya sudah tutup 1 Juli lalu, tapi berhubung masih ada negara yang ingin ikut, maka kita perpanjang,” tukasnya.

Peserta Cabor Sepakbola ISG:

1. Indonesia

2. Saudi Arabia

3. Iraq

4. Kuwait

5. Oman

6. Turkey

7. UEA

8. Qatar

9. Syria

  1. Palestine
  2. Marocco
  3. Libya

TEKS: SADAM MAULANA

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster