Spanduk Bacaleg OKI Mulai Marak

 90 total views,  7 views today

lie4s1h1

Ilst. Spanduk Caleg | net

KAYU AGUN,KS-Spanduk bakal calon legislative anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten Ogan komering Ilir (OKI), saat ini sudah mulai marak.

Ini terlihat hampir disetiap ruas jalan yang dianggap strategis didalam kabupaten atau kecamatan. Bahkan di jalan-jalan desa juga sudah terpampang wajah caleg untuk merebut simpati masyarakat.

Pantauan Kabar Sumatera dilapangan, walaupun Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu), Kabupaten OKI sudah mengancam akan melaporkan partai politik ke Dewan Kehormatan Pemilihan Umum (DKPP), pusat terkait spanduk liar, namun hal tersebut sepertinya tidak membuat geram para spanduk liar bacaleg tersebut.

Pemandangan spanduk liar ini tidak tanggung-tanggung, hampir setiap jalan kota dan desa yang dianggap strategis menjadi incaran para bacaleg untuk mengambil simpati rakyat, dengan berbagai macam slogan dan janji-janji.

Menanggapi hal itu, Ketua Panwaslu,  Kabupaten OKI, Deri Siswadi SIP Selasa (20/8), mengatakan, Panwaslu berencana akan melaporkan partai politik ke DKPP terkait pemasangan spanduk liar bacaleg OKI tersebut jika masih terpasang.

Menurutnya, saat ini belum waktunya untuk memasang spanduk atau memperkenalkan bacaleg melalui spanduk atau apapun jenis tulisannya. “Kami sudah sering menerima keluhan masyarakat tentang maraknya spanduk bacaleg tersebut,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya sudah pernah memperingatkan kepada parpol untuk dapat menertibkan spanduk tersebut sendiri. Namun jika hal tersebut masih tidak ada kesadaran pribadi dalam menertibkan spanduk, Panwaslu akan bertindak tegas.

“Ya, kita tindak tegas bahkan kita laporkan dengan DKPP Pusat untuk ditindak lanjuti,” ungkapnya.

Masi kata Deri siswadi, sesuai peraturan Undang-Undang Nomor 08 tahun 2012, tentang pemilihan umum anggota DPR yakni melarang memasang spanduk atau baliho  ditempat-tempat umum dan dilarang menggunakan media massa atau elektronik.

Teks : Emil Hidayat

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com