Dirut PTBA Resmikan PLTMH Pelakat

 238 total views,  7 views today

Dirut-PTBA-Milawarma-saat-menyerahkan-bantuan-kepada-Kades-Desa-Pelakat-sebagai-Desa-Gemilang-Binaan-PTBA

Dirut PTBA Milawarma saat menyerahkan bantuan kepada Kades Desa Pelakat sebagai Desa Gemilang Binaan PTBA

MUARA ENIM | KS-Direktur Utama PT Bukit Asam Persero Tbk, Ir Milawarma bersama dengan Bupati Muara Enim, Ir H Muzakir Sai Sohar meresmikan pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Desa Pelakat Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU), kemarin(20/8). Hadir dalam acara peresmian PLTMH itu Ketua DPRD Muara Enim, M Thamrin AZ, Direktur SDM dan Umum PTBA, Maizal Ghazali, Tokoh Masyarakat sekaligus Calon Legislatif (Caleg) DPR RI, Prof H Syamsul Bahri dan masyarakat setempat.

Dirut PTBA, Ir Milawarma dalam sambutannya mengatakan, bahwa pencanangan menjadikan Desa Pelakat sebagai desa gelap menjadi desa gemilang ditandai dengan dibangunnya PLTMH di Desa Pelakat. Program itu, kata Mila, pada awalnya dicanangkan di Jakarta oleh mantan Wapres RI, Yusuf Kalla selaku Ketua Pelindung Penasehat Yayasan Al Azhar Peduli Umat.

“Ini bagian dari program CSR PTBA. Program seperti ini akan terus dibina demi kemajuan bersama,”ungkap Mila.

Keberadaan PLTMH, kata Mila, banyak manfaatnya dalam mendukung pemerintah untuk pengentasan kemiskinan dan pengembangan sumber daya di Desa Pelakat secara bergotong royong dengan masyarakat.

“Kegiatan positif lainnya pengembangan pendidikan dan UKM. UKM insya Allah bisa ditumbuhkan paling tidak potensi hasil kopi Semende yang sudah terkenal dapat dikembangkan denga kemasan yang menaruk,” ucap Milawarma.

PTBA sendiri, jelas dia, berkonsentrasi pada pengembangan energi yang terbarukan. Sejalan dengan visi PTBA yang berbasis perusahaan energi sudah terealisasi di Desa Pelakat dengan beroperasinya PLTMH tersebut. Dalam pembangunannya, PLTMH menggunakan dana CSR PTBA sebesar Rp 896 juta dan untuk pembangunan rumah, gapura desa dan mesin penggilingn kopi sebesar Rp 200 juta dari CSR PTBA.

“Itu di luar biaya gotong royong masyarakat dalam pembangunannya. Disini PTBA hanya punya niat tapi tidak punya ahlinya, makanya kita gandeng Yayasan Al Azhar Peduli Umat sebagai ahlinya pembangunan PLTMH. Nantinya, PLTMH ini dapat menjadi usaha desa, koperasinya mengelola listrik nanti dpt meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat,” tukasnya.

Ketua DPRD Muara Enim, M Thamrin AZ menyambut positif niat baik PTBA. Dikatakan Thamrin, Desa Pelakat merupakan salah satu desa yang mendapatkan alokasi CSR PTBA diantara desa- desa lainnya di Kabupaten Muara Enim.

“PTBA membuktikan kepeduliannya di bidang listrik, bidang pendidikan dan infrastruktur juga harus menjadi perhatian bersama. Kita minta batu sekali lagi ke PTBA untuk dapat membantu tersedianya bangku sekolah di Desa Pelakat, sedangkan untuk jalan desa akan dianggarkan Pemkab Muara Enim pada APBD tahun 2014 nanti,” kata Thamrin.

Sementara itu, Bupati Muara Enim, Ir H Muzakir Sai Sohar  mengucapkan terima kasih atas perhatian PTBA kepada masyarakat. Sebagai ungkapan syukur, kata Bupati, sudah sepantasnya masyarakat mendukung keberadaan PTBA agar dapat berkembang lebih baik di masa mendatang.

“Desa Pelakat sudah sukses menjadi desa gemilang binaan PTBA. Ini hendaknya ditiru oleh desa lain. Saya yakin, bila infrastruktur memadai, ekonomi meningkat, maka kesejahteraan masyarakat dapat tercapai,” papar Muzakir.

TEKS:SISWANTO

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com