6 Mahasiswa Thailand Kuliah di UMP

 205 total views,  2 views today

iaiiPALEMBANG | KS-Berdasarkan data yang didapat Harian Umum Kabar Sumatera setidaknya ada enam orang pelajar muslim dari Thailand yang mendaftarkan dirinya untuk melanjutkan studi di Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP).

Rektor Universitas Muhammadiyah HM Idris, menyambut baik kedatangan keenam mahasiswa muslim dari Thailan tersebut menurutnya, ini merupakan aura positif bahwa universitas Islam yang ada di Indonesia juga diminati oleh luar negeri.

Selain itu, lanjutnya kemiripan budaya dan kondisi sosial antara Thailan dan Indonesia juga menjadi penyebab mengapa mahasiswa Thailand lebih memilih untuk melanjutkan pendidikan di Indonesia.

“UMP sendiri pada tahun ini menerima 6 siswa dari thailand yang mengambil jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) 2 orang dan Jurusan Kesehatan berjumlah 4 orang, mereka lebih nyaman dan merasa at home kuliah di Indonesia, padahal secara jarak, mereka lebih dekat ke Malaysia,” ungkap Idris, Selasa (20/8).

Idris mengatakan, mahasiswa dari Thailand ini lebih dianjurkan untuk mengambil mata kuliah umum terlebih dahulu di awal semester. Baru pada semester berikutnya para mahasiswa ini diperbolehkan untuk mengambil mata kuliah khusus dengan program studinya. Hal ini dikarenakan, minimnya kemampuan bahasa Inggris dan Indonesia mereka masih sangat minim. “Ini kan untuk memudahkan mereka, di semester berikutnya baru kita perbolehkan mengambil mata kuliah yang sesuai dengan program studinya,” katanya

Selain itu, universitas Muhammadiyah Palembang juga memberikan beasiswa untuk mahasiswa UMP yang berprestasi untuk kuliah di Thailand. Dan ini atas penyaluran beasiswa bidik misi dan beasiswa BBM/PPA dari Kopertis.

Idris menambahkan, dalam rangka mencapai visi UMP untuk menuju universitas kelas dunia, UMP telah melakukan penandatanganan MoU dengan kedutaan Thailand. Untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berasal dari Thailand untuk kuliah di berbagai fakultas yang ada di Universitas Muhammadiyah.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster