1200 Siswa Lulus Masuk IAIN Melalui Jalur Mandiri

 310 total views,  2 views today

iain-radenm-fatah

Kantor Pusat IAIN Raden Fatah Palembang

PALEMBANG | KS-Dari 1500 kuota yang disediakan oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Fatah Palembang untuk jalur mandiri ternyata hanya 1200 orang yang diterima. Meskipun kuota awal adalah 1500 orang, akan tetapi yang berhasil memenuhi sayarat hanya 1200 orang dari 2.226 peserta Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) jalur mandiri.

“Awalnya jumlah tersebut melebihi dari yang seharusnya, hal itu dikarenakan banyak dari peserta yang telah lulus dari dua tes sebelumnya yakni undangan dan tertulis tidak melakukan registrasi. Akan tetapi yang memenuhui syarat hanya 1200 peserta,” ujar Kepala Bagian (Kabag) Badan Administrasi Akademik Kemahasiswaan (BAAK) IAIN Raden Fatah Palembang Mirwan Fasta, Selasa (20/8).

Sementara itu, sisa 300 kuota tidak akan diisi, ini juga membuktikan bahwa pihak IAIN memang benar-benar menyeleksi ketat para calon mahasiswa yang akan mengikuti perkuliahan di tahun ajaran 2013/2014. Jadi meskipun tidak seperti harapan awal yakni 1500 akan tetap diterima 1200 peserta tersebut karena memang memenuhi persyaratan.

“Jadi memang mereka yang lulus benar-benar melalui seleksi yang ketat dan tidak hanya sekedar mengisi kuota saja,” ungkapnya.

Sementara itu, pengumuman para peserta yang lulus di website www.radenfatah.ac.id mulai pukul 11.00 siang sedikit terlambat. Pihak IAIN baru bisa mengumumkan di website sekitar pukul 14.00, hal ini dikarenakan masih harus menunggu penandatanganan dari Rektor.

“Memang ada sedikit keterlambatan, karena masih harus menunggu penandatanganan berkas oleh Rektor,” tuturnya.

Mereka yang telah berhasil lulus diharapkan segera melakukan registrasi dari tanggal 20 hingga 22 Agustus mendatang. Setelah itu mereka diharuskan mengambil  Surat Keterangan Diterima (SKD) di BAAK IAIN. Lalu, ke Bank yang sudah bekerjasama dengan IAIN untuk melakukan pembayaran biaya yang harus dibayar.

“Jika mendaftar lewat dari tanggal tersebut mereka akan dinyatakan gugur, oleh karena itu diharapkan peserta yang lulus untuk segera melakukan registrasi,” ucapnya.

Selain itu, mereka juga diharuskan melakukan tes kesehatan yang akan dilakukan dalam waktu dekat. Hal ini dikarenakan perkuliahan akan dimulai pada awal September mendatang. Jika tidak lulus tes kesehatan maka peserta yang telah lulus juga tidak dapat berkuliah di IAIN Raden Fatah Palembang.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster