Wisata Teluk Gelam, Riwayatmu Kini

 1,613 total views,  2 views today

hp7rl1uy

Gapura Pintu Masuk Danau Teluk Gelam OKI

Kayuagung-KS-Wisata Alam Teluk Gelam, yang berlokasi di Kecamatan Teluk Gelam, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), ini nampaknya lambat laun akan tinggal nama.

Pasalnya, wisata alam kebanggaan masyarakat Kabupaten OKI, saat ini terbengkalai dan sangat memprihatinkan.

Penyebab terbengkalainya obye wisata itu karena PT El Jhon Tirta Emas Wisata selaku pihak ketiga yang mengelola asset Danau Wisata Teluk Gelam diduga mengalami pailit atau gulung tikar.

Informasi yang didapat, sebelum dikelola pihak ketiga sejak Mei 2010 lalu, wisata danau alami ini dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata OKI dan BUMD Bende Seguguk.

Namun sayangnya, dua instansi milik Pemkab OKI ini gagal total dalam memajukan Danau Wisata Teluk Gelam, padahal sudah diberikan kesempatan waktu 5 tahun untuk mengelolanya.

Pemkab OKI mencari pihak ketiga untuk meneruskan estapet pengelolaan danau. PT El Jhon Tirta Emas Wisata mengajukan penawaran kepada Pemkab OKI untuk mengambil alihnya dan disetujui.

Pada Kamis 6 Mei 2010 lalu, Pemkab OKI diwakili Bupati OKI Ir H Ishak Mekki MM dan PT El Jhon diwakili Presiden Direktur Jhoni Sugiarto melakukan perjanjian kerjasama.

Besar harapan Pemkab OKI kepada pihak ketiga tersebut agar mampu memajukan kawasan Wisata Danau Teluk Gelam guna menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).  Namun MoU yang berdurasi 20 tahun sejak penandatangan perjanjian, akhirnya harus kandas di tahun ketiga ini karena perusahaan swasta tersebut kini gulung tikar.

Sejumlah bukti sudah gulung tikarnya pihak ketiga yang mengelola Teluk Gelam yakni telah dirumahkannya seluruh karyawan PT El Jhon sejak beberapa bulan. Sebelum dirumahkan, seluruh karyawan tidak menerima gaji selama tiga bulan. Meskipun ada karyawan yang menerima gaji itupun jumlahnya tidak maksimal.

Menanggapi hal ini, Sekda OKI Ir H Ruslan Bahri MT , membenarkan bila kiprah PT El Jhon dalam mengelola Teluk Gelam belum berhasil. Menurutnya, sekitar dua Minggu lalu, perwakilan PT El Jhon sudah datang menemuinya terkait memburuknya kondisi pengelolaan danau.

Dalam pertemuan itu diketahui ternyata manajemen PT El Jhon segera mengganti manajemen lokal yang selama ini mengelola danau wisata.

“Karena manajemen lokalnya sudah menghilang tanpa ngomong. Namun PT El Jhon siap mencarikan pengganti manajemen lokal agar pengelolaan Danau Wisata Teluk Gelam bisa running lagi,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya bukan lagi hanya sekedar akan memberikan peringatan kepada manajemen PT El Jhon terkait memburuknya pengelolaan, namun justru lebih dari warning.

“Bukan lagi warning, karena mereka (manajemen PT El Jhon) yang datang ke saya. Masalah hutang atau tunggakan setoran manajemen kepada Pemkab OKI, itu harus dibayar. Jika perusahaannya bangkrut, akan dilakukan evaluasi berdasarkan MoU yang pernah dilakukan,” jelasnya.

Sebelumnya, Jhoni Sugiarto selaku Presiden Direktur PT El Jhon Tirta Emas Wisata mengatakan, pihaknya juga mengelola empat tempat wisata milik pemerintah daerah yakni Wisata Air Panas dan Water Boom di Bangka, objek wisata seluas 38 hektar di Pacitan Jawa Timur, Pulau Parai seluas 81 hektar di Bangka dan wisata lain di Kalimantan.

Target PT El Jhon yang akan mengembangkan Danau Wisata Teluk Gelam ke level provinsi bahkan nasional dan memberikan konstribusi bagi pemerintah berupa PAD, akhirnya kandas. “Jangankan untuk mencapai target itu, untuk menarik jumlah pengunjung saja perusahaan ini tidak mampu,” ujarnya.

Teks : Emil Hidayat

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster