Nama TMP OI, ‘’Ksatria Seguguk”

56 total views, 3 views today

lintas-2

Bupati OI, H. Mawardi Yahya (kanan), didampingi Wabup OI, HM Daud Hasyim saat mengikuti upacara sekaligus tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP), Sabtu (17/8), lalu. | Joen KS

INDERALAYA|KS-Setelah melalui seleksi ketat terhadap peserta sayembara pemberian nama Taman Mahkan Pahlawan (TMP) Kabupaten Ogan Ilir, Akhirnya nama “Ksatria Seguguk” terpilih sebagai nama TMP di Kabupaten OI.

Peserta sayembara yang membuat nama TMP adalah Ingke Maris warga Desa Sribandung Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir (OI). Ingke mampu menyisihkan 30 peserta lainnya dan berhak membawa hadiah berupa televisi 29 inci LCD dan piagam penghargaan.

Kepala Dinas Sosial Pemkab OI Syarkowi Ssos M.Si mengatakan, TMP OI yang telah dibangun sejak tahun 2010 diatas lahan kurang dari  satu hektar itu  akhirnya telah memiliki nama Ksatria Seguguk.

“Ya, artinya para pahlawan pejuang kebersaman dalam mempertahankan negara di Bumi Seguguk (Ogan Ilir- red),” ungkap Syarkowi.

Menurut Syarkowi, untuk memberi nama TMP tersebut, pihaknya menggelar sayembara, dimana peserta dipersilakan mengirim nama TMP untuk dikirim melalui email  kebagian Dinas Sosial. Hasilnya ada 30 nama peserta yang mengirimnya.

Setelah dilakukan penyeleksian, sambung Syarkowi, akhirnya tiga besar diambil, yang sebelumnya diambil 10 besar, 5 besar dan akhirnya 3 besar. ’’Dari tiga besar ini diseleksi kembali hingga terpilih nama Ksatria Seguguk dengan peserta pemenang bernama Ingke Maris,’’ jelasnya.

Kemudian kata Syarkowi, setelah  adanya nama TMP, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan DPRD OI untuk di perda-kan,’’Kita akan koordinasi dahulu, apakah harus diperda-kan atau tidak,’’ ungkapnya.

Terpisah,  Ingke Maris mengaku tidak menduga kalau nama Ksatria Seguguk bakal terpilih pemenang sayembara. ’’Ya, saya tidak menduga akan memenangkan sayembara itu. Saya  bermimpi kehilangan emas 7 gram, eh tidak tahunya dapat televisi 29 Inci dari sayembara,’’ ujar mantan atlet Nasional Pencak silat ini.

Menurutnya, inspirasi membuat nama Ksatria Seguguk, juga terbilang biasa-biasanya, meski demikian dirinya mengaku  hoby mengikuti berbagai kegiatan lomba termasuk sayembara.

’’Selain terdorong karena orang tuaku juga pejuang kemerdekan, makanya saya ikut ambil bagian pada sayembara, Alhamdulilah terpilih,’’ singkatnya.

Teks : Junaedi Abdillah

Editor : Sarono P Sasmito

 





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com