Bercampur Air, Harga Karet Makin Anjlok

 126 total views,  3 views today

Harga-karet-di-wilayah-Kecamatan-Tanjung-Agung-semakin-anjlok.-Akibat-hasil-sadapan-karet-banyak-bercampur-air.-Sehingga-mengha

Harga Karet Diwilayah Kec Tanjung Agung Semakin Anjlok, Akibat HAsil Sadap Bercampur air.

MUARA ENIM | KS-Kini, harga karet di wilayah Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muaraenim semakin anjlok. Dikarenakan, banyaknya hasil sadapan karet para petani yang bercampur air. Sehingga menghasilkan kualitas getah karet yang kurang bagus.

Sekarang ini, harga karet harian hanya sekitar Rp5 ribu per kg. Padahal,  sebelumnya tembus Rp10 ribu ribu per kg. Demikian juga, harga karet lelang bulanan mengalami penurunan seharga Rp9 ribu per kg dari harga sebelumnya Rp17 ribu per kg.

“Harga karet sekarang ini makin anjlok, sebelumnya harga karet sudah turun. Kini turun lagi mencapai Rp5 ribu per kg. Penurunan harga karet ini disebabkan selain cuaca yang tidak menentu. Juga dikarenakan kualitas getah yang tidak bagus akibat banyaknya karet hasil sadapan yang bercampur dengan air,” tutur Kandar (35), salah seorang petani karet dari Desa Tanjung Agung, Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muaraenim kepada Kabar Sumatera, Senin (19/8).

Semua hasil sadapan karetnya, kata Kandar, dijual kepada pengumpul atau toke karet yang berada di wilayah Kecamatan Tanjung Agung.“Segala hasil sadapan karet, kami jual ke toke di Tanjung Agung inilah. Luas kebun karet aku ada sekitar tige hektar,” terang Kandar.

Senada dituturkan petani karet lain Rusdi (35), mengatakan, hingga kini harga karet semakin anjlok disebabkan curah hujan yang tidak menentu. Serta kualitas getah yang dihasilkan tidak bagus. Sehingga harganya semakin anjlok.

“Memang sekarang ini, harga karet masih anjlok. Disebabkan banyaknya hasil sadapan yang berair. Sehingga mempengaruihi kualitas getah karet yang disadap. Mudah-mudahan saja situasi ini cepat berakhir, agar penghasilan kami bisa ningkat lagi,” pungkas Rusdi.

Teks : SISWANTO

 Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com