Rezeki Mengalir di Hari Jadi

 248 total views,  2 views today

Replika-Kapal-kapalan---foto-Bagus-KS

Ilst. Replika Kapal-kapalan | Bagus KS

PALEMBANG KS-Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-68, sebagian warga di kota ini mengais rezeki lewat berjualan pernak pernik kemerdekaan hingga kuliner khas. Telok telok ukan dan telok abang, misalnya.

Hanafi, si pedagang telok abang di kawasan Simpang Suro, Tangga Buntung kepada Harian Umum Kabar Sumatera, Sabtu (17/ 8) berkata, setiap memasuki 17 Agustus ia biasanya ikut jualan telok abang.

Kata Hanafi, dalam pembuatan telok abang ini selalu menonjolkan sisi sosial masyarakat yang kental nuansa kemerdekaan. Adapun bentuknya beragam antara lain serupa perahu bidar, jembatan  Ampera, dan sebagainya. Uniknya, di setiap reflika mainan tersebut selalu diselipkan telur ayam rebus yang diberi warna merah.

“Saya buat sendiri reflikanya. Ada yang berbentuk kapal terbang, perahu bidar, becak, motor, dan jembatan Ampera. Kesemuanya itu saya buat dari bahan- bahan bekas seperti gabus yang dibentuk pewarna. Soal harga, tergantung bentuk ukuran dan motifnya berkisar Rp 10.000 sampai Rp 50.000 per buah,” ungkapnya.

Bagi Hanafi, HUT kemerdekaan tahun ini sedikit sepi dan kurang begitu semarak.  Namun begitu, bila dibandinkan tahun lalu, dirinya mampu meraih omzet dari berjualan telok abang paling banyak Rp 450.000 per hari. Belum lagi dari hasil berjualan orderan pesanan dari beberapa pedagang untuk dipasarkan kembali.

“Alhamdulillah meski terbilang sepi, saya masih bisa meraup omset Rp 200.000 hingga Rp 250.000 per hari,” kata ayah dua anak ini.

Sementara itu, Martijah pedagang telok ukan di Kawasan Jalan Merdeka tepatnya di Jalan Roda, Kecamatan 26 Ilir Palembang berkata, dalam seharinya ia meraup omset  dari penjualan telok ukan Rp 180.000.

“Lumayanlah untuk nambah kebutuhan dapur. Lagi pula ini momentum yang sangat baik, nuansanya pun beda. Apalagi kan telok ukan ini adanya hanya setiap tujuh belasan saja,” bebernya.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster