Bupati : Jiwa Nasionalisme Pemuda Harus Segera Bangkit

 292 total views,  2 views today

MUARAENIM I KS-Bupati Muaraenim Ir H Muzakir Sai Sohar mengatakan sekarang ini jiwa kecintaan kepada bangsa dan negara bahkan daerah atau yang lebih dikenal dengan jiwa nasionalisme sudah mulai luntur dari kalangan pemuda.

Sekarang ini, kata dia, bisa dilihat bendera maupun umbul-umbul yang dipasang oleh warga disetiap halaman rumah sudah sangat minim, ini membuktikan jiwa nasionalisme sudah mulai luntur.

“Pada momen 17 Agustus kali ini, kita sangat berharap jiwa nasionalisme atau cinta tanah air dapat kembali bangkit khususnya para pemuda dan pemudi di Kabupaten Muaraenim, sehingga dapat berkarya dalam segala bidang baik ekonomi, sosial budaya poltik dan sebagainya,” tutur Bupati Muaraenim Ir H Muzakir Sai Sohar dihadapan para awak media termasuk Kabar Sumatera seusai menjadi pembina upacara 17 Agustus di Lapangan Merdeka Muaraenim, Sabtu (17/8).

Muzakir mengungkapkan bagaimana Kabupaten Muaraenim ini dapat maju dan berkembang, jika para pemuda dan masyarakatnya sudah pudar semangat juang dan kecintaannya kepada daerahnya sendiri serta bangsa dan negara. Oleh karena itu, dirinya mengajak agar segenap pemuda dapat berkarya secara nyata dalam berbagai bidang pembangunan, sehing Muaraenim yang Sehat, Mandiri, agamis dan Sejahtera atau SMAS dapat terwujud.

“Kita harapkan peran serta daripada pemuda dalam mengisi pembangunan khususnya di Kabupaten Muaraenim tercinta ini. Mari kita jadikan motivasi dari semangat para pejuang dalam mempertahankan dan merebut kemerdekaan dari tangan penjajah selama lebih kurang tiga setengah abad lamanya dari penjajahan belanda. Dan tiga setengah tahun dari penjajahan jepang. Kabupaten Muaraenim membutuhkan para pemuda yang memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi dalam mengisi pembangunan di bumi serasan sekundang ini,” harap Muzakir.

Berdasarkan pantauan Kabar Sumatera di lapangan saat pelaksanaan upacara bendera di lapangan Merdeka Muaraenim, tampak hadir para veteran, Danrindam Sriwijaya, Dandim 0404, Danyonif 141, Kapolres Muaraenim, Kepala Kejaksaan Muaraenim, serta para pejabat dilingkungan Pemkab Muaraenim dan instansi perusahaan serta tamu undangan lainnya.

Pelaksanaan upacara bendera sendiri, berlangsung dengan aman, lancar dan khidmat hingga upacara penurunan bendera merah putih. Peserta upacara berasal dari berbagai instansi di wilayah Pemkab Muaraenim, anggota Polre Muaraenim, anggota Yonif 141 AYJP dan sebagainya.

Sementara itu, di Pagaralam, Upacara peringatan Hari Ulang Tahun  Republik Indonesia (HUT RI) ke-68, di Kota Pagaralam berlangsung hikmad dan lancar. Walikota Pagaralam Hj Ida Fitriati Basjuni bertindak sebagai inspektur upacara. Sementara pembacaan teks proklamasi dilakukan oleh Ketua DPRD Pagaralam, Ruslan Abdul Gani. Sedangkan bertindak selaku Komandan Upacara Iptu J K Nababan dari Polres Pagaralam.

Pantauan dilapangan, Sabtu (17/8), sejumlah veteran hadir dan mengikuti dengan sungguh-sungguh  upacara kemerdekaan itu. Mereka seperti terkenang kembali dengan masa-masa perjuangan tempo dulu. Selain veteran, turut hadir pula Wakil Walikota Novirzah Djazuli, Sekretaris Daerah H. Safrudin, unsur Muspida, para pejabat di lingkungan Pemkot Pagaralam, para anggota DPRD Pagaralam, anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat, Lurah, tokoh Masyarakat,  Agama, Pemuda, beserta undangan lainnya.

Berlangsungnya peringatan detik-detik proklamasi  ditandai bunyi sirine selama satu menit guna mengenang jasa para pahlawan kusuma bangsa. Kemudian dilanjutkan dengan pengibaran sang merah putih oleh pasukan pengibar berdera pusaka (Paskibraka) bersama personel dari TNI dan Polri.

Selesai upacara Walikota Hj Ida Fitriati beserta rombongan memberikan hadiah kepada lurah teladan, santunan kepada para veteran sekaligus  memberikan remisi kepada para narapidana.

Wali Kota Hj Ida Fitriati Basjuni mengatakan,  dalam kesampatan ini dia mengajak seluruh komponen masyarakat umumnya serta generasi muda khususnya untuk memaknai perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah berkorban harta dan nyawa untuk kemerdekaan.

“Pengorbanan para pahlawan sangat luar biasa, tanpa jasa mereka kemerdekaan bangsa Indonesia belum akan tercapai. Sebab itu, marilah  kita memberi penghormatan yang setinggi-tingginya atas jasa-jasa para pahlawan tersebut,” ujarnya.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster