Anjal dan Pengemis, di ‘Haram’kan Saat ISG

 291 total views,  2 views today

pengemis

Ilst Pengemis di Komplek Masjid Agung Palembang | Bagus KS

PALEMBANG, KS-Anak jalanan, pengemis, gepeng dan anak funk yang biasa berkeliaran di jalan-jalan pada pelaksanaan Islamic Solidarity Games (ISG) ke-III, di ‘haram’ kan keberadaannya di Palembang.

Karenanya menurut Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Palembang,  Faizal AR, dinsos akan mengintensifkan razia bekerjasama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP).

“Jika pengemis, gepeng, anak funk masih banyak berkeliaran saat ISG nanti, bukan hanya Kota Palembang yang malu melainkan juga Indonesia di mata internasional. Karena yang akan mengikuti ajang itu, adalah 38 negara berpenduduk Islam di dunia,” kata Faizal yang dibincangi di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Ia menyebut, semenjak H + 2 Idul Fitri 1434 H lalu, dinsos sudah rutin melakukan razia dan penertiban di sejumlah titik yang ada di Palembang terutama jalan-jalan protokol.

“Kamis (15/8) lalu misalnya, puluhan pengemis, anjal, gepeng dan anak funks berhasil terjaring. Setiap malam, kami lakuka n penertiban yakni mulai pukul 20.00 WIB-01.00 WIB. Dalam setiap kali razia, sedikitnya 20 sampai 30 personel kita terjunkan,” jelasnya.

Faizal menambahkan, dalam melakukan penertiban tersebut Dinsos dibantu oleh Sat Pol PP, kepolisian dan TNI. Menurutnya, setelah dilakukan penertiban, anjal, pengemis anak funk tersebut diberikan pembinaan.

“Pembinaan akan kita lakukan kepada mereka, jika memang tidak ada keluarga lagi. Mereka akan diberi tempat tinggal, pendidikan, makan dan keahlian agar mereka punya bekal untuk mencari dan membuka lapangan kerja,” ujarnya.

Khusus anak funk sambung Faizal, saat ini keberadaannya sudah cukup meresahkan masyarakat di Palembang. Dinsos menurutnya, sudah beberapa kali menerima laporan dari masyarakat terkait keberadaan mereka.  “Karenanya anak funk, menjadi salah satu fokus perhatian kami untuk dilakukan pembinaan,” ucapnya.

Teks : Alam Trie Putra

Editor : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster