1.265 Tenaga Kerja Bakal Terserap

 142 total views,  2 views today

sampah

Ilst Sampah

PALEMBANG, KS-PT Solid Waste Management (SWT), menawarkan pengelolaan sampah di Palembang. Dari investasi sebesar Rp1,3 trilyun itu, diprakirakan bakal menyerap setidaknya 1.265 tenaga kerja.

Hal ini disampaikan Direktur Utama (Dirut) PT SWT, Andi Edy Bintang yang dibincangi usai melakukan paparan kepada Wali Kota Palembang, Romi Herton beberapa waktu lalu.

Menurut Andi, investasi yang ditawarkan mereka ke pemkot adalah pengelolaan sampah dengan menggunakan teknologi insenerator. “Jika pengelolaan sampah yang kami tawarkan ini, disetujuhi oleh wali kota maka ada 1.265 tenaga kerja yang bakal terserap,” kata Andi.

Sebab kata Andi, PT SWT tidak hanya akan fokus pada pengelolaan sampah tetapi juga pada kebersihan jalan dan lingkungan sekitar di wilayah Kota Palembang.

Ia merincikan, tenaga kerja tersebut untuk pengawas, operator, sopir dan lainnya. Untuk sopir saja kata Andi, mereka akan butuh sebanyak 340 sopir, 5 pengawas dan 920 orang operator lapangan. “Semua karyawan, akan mendapatkan pendapatan dengan kisaran Rp2,5 juta perbulannya,” ucapnya.

Untuk menggaji karyawan itu menurut Andi, dananya didapatkan dari pendapatan yang diperoleh SWT melalui penjualan listrik dari pengelolaan sampah.  “Selain itu, pendapatan juga didapatkan dari retribusi sampah yang dikenakan kepada instansi baik swasta maupun pemerintah. Jadi tidak ada uang sepeser pun, yang akan diminta dari APBD,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Palembang Romi, Herton mengatakan, pemkot menyambut baik investasi ini karena dapat memperindah Kota Palembang dan akan banyak menyerap tenaga kerja

“Investasi ini menyenangkan, dan sepertinya praktis dan gampang serta untuk kebutuhan masyarakat. Kita senang ada yang mau memberi  fasilitas sampah. Dan yang terpenting, akan banyak menyerap tenaga kerja,”ujarnya

Sambung Romi, kerjsama ini baru bisa terwujud dua tahun mendatang karena masih perlu survey, perizinan dan persiapan lainnya serta studi kelayakan perda untuk mendukung kelayakannya.

“Mudah-mudahan ini bisa terwujud, tetapi kita jangan berpangku tangan saja kepada teknologi ini. Harus tetap ada usaha yang serius dari semua jajaran di pemkot, untuk pengelolaan sampah,” tukasnya.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster