Tuntut Penyelesaian Konflik Lahan di PTPN VII

 161 total views,  2 views today

tanah

Ilst. Sengketa Tanah Warga

PALEMBANG, KS -Peringatan hari ulang tahun (HUT) RI ke 68, menjadi moment petani di Ogan Ilir (OI), yang tergabung dalam Gerakan Petani Penesak Bersatu (GPPB) untuk berjuang mendapatkan kembali tanah mereka yang sedang bersengketa dengan PTPN VII Cinta Manis.

Sekretaris GPPB, Rusdi Dadok yang dibincangi, Kamis (15/8) mengatakan, sedikitnya 3000 petani akan mengikuti apel akbar memperingati HUT RI, Sabtu (18/8) esok di lapangan Sepakbola Desa Sri Bandung, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten OI.

“Peringatan HUT RI, ini menjadi moment untuk mendapatkan hak atas tanah kami yang sedang berkonflik dengan PTPN Cinta Manis, sesuai dengan Pasal 33 UUD 1945 (UUPA 1960), Tanah untuk Petani,” kata Rusdi.

Ia mengatakan, rapat akbar ini adalah agenda politik yang di insyafi sebagai metode perjuangan kaum tani di OI yang hingga saat ini masih terus berjuang merebut tanah leluhur yang di kuasai oleh PTPN VII Cinta Manis yang mengusahakan perkebunan tebu. “Kita juga mengharapkan para pemangku kebijakan untuk secepatnya menyelesaikan konflik kami ini dengan PTPN VII,” harapnya.

Ia menambahkan, rapat akbar sekaligus memperingati HUT RI ke 68 tahun ini, akan dihadiri dan di isi dengan orasi orasi politik oleh pimpinan partai politik, ormas, tokoh masyarakat, intelektual akademisi se Sumatera Selatan (Sumsel). “Apel akbar ini juga dihadiri para petani dari 22 desa di 5 kecamatan sekabupaten OI,” tukasnya.

Teks    : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster