Renovasi Pasar Cinde, Pedagang Siap Direlokasi

 724 total views,  2 views today

PALEMBANG, KS-Pemerintah Kota (pemkot) Palembang, bakal merenovasi Pasar Cinde. Selama ini, renovasi pasar sering terkendala dengan pedagang yang menolak di relokasi. Namun sejumlah pedagang di Pasar Cinde, mengaku mereka siap di relokasi dengan dua syarat.

Dua syarat yang dimaksud kata Nuriah, salah satu pedagang sayur di Pasar Cinde adalah, pertama selama proses relokasi tersebut, pedagang tidak minta biaya sedikit pun.

“Yang kedua, pemkot harus mencarikan lokasi sementara yang strategis, Jika itu dipenuhi, kami siap di relokasi. Jika tidak, kami tidak mau. Mau makan apa kami, jika masih diminta biaya jika di relokasi. Padahal disanalah tempat kami mencari nafkah,” kata Nuriah yang dibincangi di Pasar Cinde, Kamis (15/8).

Hal senada juga disampaikan , Hifni (38), pedagang lainnya di Pasar Cinde. Menurutnya, jika pasar itu memang benar mau diperbaiki maka pedagang berharap harga sewa lapak, tidak mengalami kenaikkan.

“Sekarang sewa lapak di pasar ini, Rp1,2 juta pertahun. Jika sudah di renovasi, jangan sampai naik . Masalah relokasi untuk pedagang, kami percayakan pada pemerintah,”ungkap Hifni yang mengaku sudah berdagang di Pasar Cinde selama dua tahun.

Sebelumnya, Wali Kota Palembang Romi Herton menyebut, Pasar Cinde mendesak untuk di renovasi karena kondisinya yang sudah tua.  “Nantinya Pasar Cinde ini akan kita direnovasi, namun keaslian pasar tersebut akan tetap dipertahankan. Pasar ini merupakan pasar tua, dan terletak di jantung Kota yakni Jalan Jendral Sudirman, Palembang,”kata Romi yang dibincangi usai melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Cinde, Rabu (14/8).

Mengenai rencana pembangunannya seperti apa, Romi mengatakan hal tersebut masih dipikirkan. Yang pasti ungkap Romi, akan lebih baik dari kondisi Pasar Cinde saat ini. “Kondisi Pasar Cinde saat ini, sudah banyak yang rusak. Kita upayakan, agar lebih baik lagi,”ujarnya.

Bagaimana dengan pedagang ?, menurutnya rencana renovasi Pasar Cinde itu mendapatkan sambutan positif dari para pedagang. “Saya sudah tanya dengan pedagang, mereka setuju untuk diperbaiki.  Selama renovasi nantinya, mereka akan kita carikan tempat semenetara waktu berdagang. Setelah selesai renovasi, para pedagang kembali menempati Pasar Cinde,”ungkapnya.

Ditanya soal dana yang akan dikeluarkan oleh pemkot untuk perbaikan pasar tersebut, Romi menjawab, saat ini masih dalam tahap rencana. Besaran dana yang akan digelontorkan pun, belum bisa dikemukan. “Belum tahu berapa besaran anggarannya nanti, baru akan kita pelajari terlebih dahulu,”tegasnya.

Namun sambungnya, Pasar Cinde nantinya akan dibangun dengan mengedepankan kenyaman pedagang dan pembeli yang bertransaksi di pasar itu. Pasar Cinde sebutnya, akan dibangun bertingkat sehingga memiliki lahan parkir yang luas.

“Kalau dibuat bertingkat, ada tempat parkir sepertinya tidak merugikan masyarakat. Kemungkinan akan dibangun sampai empat tingkat, sambil membudayakan untuk pejalan kaki,”tukasnya.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster