Pemasangan Mahal, Warga Juga Dibebani Beli Pipa

 218 total views,  2 views today

pipa

Ilst. Pipa PDAM

BANYUASIN/KS-Tingginnya biaya pemasangan pipa Perusahaan Dagang Air Minum (PDAM), Tirta Betuah Banyuasin sebesar Rp 1,2 juta, membuat sejumlah warga Perumahan Kenten Sejahtera  Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin mengeluh.

Ironisnya lagi, biaya tersebut belum termasuk pemasangan pipa dari pipa induk ke rumah. Artinya, warga harus mengeluarkan kocek lebih dalam lagi untuk membeli pipa tersebut.

Ibrahim salah satunya,  warga Palem Tujuh, Komplek Kenten Sejahtera  menuturkan, dirinya mempertanyakan prihal pemasangan sambungan PDAM yang menurutnya mahal. Selain itu, pemasang pipa juga dibebani pembelian pipa yang digunakan untuk menyambung dari pipa induk ke rumah.

“Saya tidak tahu apakah memang seperti itu pemasangannya. Ini patut dipertanyakan. Setahu saya, pemasangan pipa PDAM  kita sudah terima beres alias bersih, bukan masih harus beli pipa lagi,” ungkapnya.

Sebenarnya, sambung Ibrahim, warga sangat setuju dan menyambut gembira dengan adanya pemasangan pipa dari PDAM terbut, akan tetapi dengan adanya biaya tambahan untuk membeli pipa lagi warga jadi kecewa.

“Kami awalnya sangat gembira dengan adanya pemasangan pipa dari PDAM sampai  ke rumah. Akan tetapi menjadi kecewa karena masih dibebankan beli pipa lagi,” katanya kesal.

Sementara itu, Direktur PDAM Tirta Betuah Banyuasin, Bakri, saat  di komfirmasi melalui poselnya mengatakan bahwa untuk pemasangan baru PDAM dikenakan tarif  sebesar Rp 1.270.000 per pelanggan.

“Untuk pemasangan pipa itu tidak dipungut lagi. Tanggung jawab kita yakni memasang sampai meteran ke rumah. Untuk dalam rumah, baru konsumen yang teruskankanya,” singkat Bakri.

Teks : Diding Karnadi

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster